Pengertian Musik

Pengertian Musik – Kalian pasti pernah mendengarkan musik, baik itu musik tradisional, modern, dan lain lain. Suatu karya seni satu ini tentu nya sudah tak asing lagi untuk dinikmati di telinga kita, banyak orang menggunakan musik sebagai fungsi fungsi tertentu, seperti meditasi, menari, menenangkan fikiran.

Tentu nya juga banyak pencipta musik populer di kalangan kita. Tetapi apakah kalian sudah tahu apa itu pengertian musik? Pada pembahasan kali ini kita akan menjelaskan pengertian dari salah satu karya seni yang sering kita nikmati melalui telinga atau yang disebut Musik. Berikut penjelasan-nya

 

Pengertian Musik

pengertian musik

Musik adalah susunan suara yang dirangkai atau disusun sedemikian rupa sehingga mengandung lagu, irama, keharmonisan, terutama dari suara yang dihasilkan dari alat alat musik yang dapat menghasilkan irama.

Seni Musik ini sendiri berasal dari dua kata yakni “Seni” dan “Musik”, Seni adalah hasil cipta, dan Musik adalah pengolahan suara, harmoni, melodi, ritme, vokal, dan tempo.

Sebutan Musik ini sendiri awalnya berasal dari bahasa Yunani yaitu “Mousikos”, yang mana salah satu dewa yunani telah mengambil sebutan tersebut. Mousikos sendiri merupakan suatu dewa yang disebut-sebut sebagai suatu dewa yang menguasai dalam bidang keilmuan dan seni.

 

Menurut Wikipedia

Musik merupakan sebuah nada atau suara yang memang disusun sedemikian rupa sehingga dapat mengandung irama yang indah, lagu, dan keharmonisan terutama untuk suara yang dihasilkan atau diciptakan dari alat-alat yang memang bisa menghasilkan sebuah irama.

 

Menurut Para Ahli

1. Aristoteles

Musik merupakan curahan kemampuan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam satu rentetan nada atau melodi yang memiliki irama.

2. Adjie Esa Putra

Musik merupakan sebuah bunyi yang teratur, bukan saja bersifat moral normatif, melainkan juga diakui selaras yang berdasarkan perhitungan para ahli ilmu fisika.

3. David Ewen

Musik merupakan ilmu pengetahuan serta seni mengenai kombinasi ritmik dan beberapa nada, baik vokal ataupun instrumental yang mencakup melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu hal yang menginginkan untuk diungkapkan terlebih dalam segi emosional.

4. Dello Joio

Pada pengenalan terhadap musik akan meningkatkan suatu rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan dimensi lain dari sebuah kenyataan yang selama ini tersembunyi.

5. Lexicographer

Musik merupakan ilmu dan seni dari paduan ritmis beberapa nada, vokal ataupun instrumental yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengungkapkan apa saja yang mungkin, namun khususnya yang bersifat emosional.

 

Menurut KBBI

Arti musik menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

 

Unsur-Unsur Musik

Dari setiap Musik yang pernah kalian dengar, tentu nya mempunyai Unsur-unsur. Berikut Unsur-unsur musik untuk membentuk sebuah lagu.

1. Melodi

Merupakan suatu susunan nada dengan urutan, interval, dan tinggi rendah yang teratur.

2. Irama

Merupakan keras lembutnya suatu nada atau bunyi dalam suatu rangkaian musik.

3. Birama

Merupakan ketukan atau ayunan berulang-ulang yang hadir secara teratur di waktu yang bersamaan. Birama ini sendiri ada Birama Bainar, dan Birama Tenair, Birama Binar adalah yang nilai penyebutnya genap, dan Birama Tenair adalah yang penyebutnya ganjil.

4. Harmoni

Merupakan sekumpulan nada yang menghadirkan sebuah bunyi yang enak dinikmati apabila dimainkan bersama-sama.

5. Tangga Nada

Merupakan urutan nada yang disusun bertingkat. Tangga nada mempunyai 2 jenis yaitu:

    1. Pentatonis: Tersusun dari 5 buah nada dengan jarak tertentu
    2. Diatonis: Tersusun dari 7 buah nada dengan 2 jarak (1/2 dan 1)

6. Tempo

Merupakan ukuran kecepatan birama lagu. Tempo ini sendiri mempunyai 8 kategori tempo, yaitu:

    1. Largo (Lambat Sekali)
    2. Lento (Lebih Lambat)
    3. Adagio (Lambat)
    4. Andante (Sedang)
    5. Moderato (Sedang Agak Cepat)
    6. Allegro (Cepat)
    7. Vivace (Lebih Cepat)
    8. Presto (Cepat Sekali)

7. Dinamika

Merupakan tanda untuk memainkan lembut atau keras nya volume nada. Dinamika pun merupakan salah satu unsur penting untuk menunjukkan nuansa sebuah lagu apakah lagu itu sedih, senang, agresif, dll.

8. Timbre

Merupakan kualitas atau warna bunyi. Timbre bergantung pada sumber bunyi. Contoh nya Timbre dari alat musik gitar akan berbeda dengan alat musik piano walaupun dimainkan di nada yang sama.

Demikianlah Pengertian Musik beserta Unsur-Unsur nya. Semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

Leave a Comment