Pengertian Musik Vokal

Pengertian Musik Vokal – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas apa pengertian musik Vokal beserta sejarah, dan jenisnya, berikut penjelasannya.

 

Pengertian Musik Vokal

pengertian musik vokal

Musik Vokal merupakan kegiatan bermusik yang menggunakan suara manusia sebagai media utama atau karya musik yang dilantunkan menggunakan vokal tanpa adanya alat musik pendukung lainnya. Musik Vokal lebih mengarah pada kegiatan menyanyi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, “Vokal” diartikan sebagai sesuatu yang mengenai suara, bunyi bahasa yang dihasilkan arus udara yang berasal dari organ paru-paru melalui pita suara dan juga penyempitan pada saluran suara yang terletak pada bagian atas glotis.

Dapat disimpulkan bahwa musik vokal adalah musik dengan suara yang dihasilkan oleh organ-organ tubuh, karena itu dalam musik vokal, keadaan fisik, sikap dan juga gerak seseorang sangatlah berpengaruh.

 

Sejarah Musik Vokal

Awalnya musik Vokal dianggap lahir karena adanya usaha manusia untuk berkomunikasi antar sesamanya, musik vokal muncul pada zaman periode Renaissance adalah bernyanyi tanpa diiringi instrumen dengan teknik dan harmonisasi yang bagus atau yang sudah kita kenal dengan musik Acappella.

Pada zaman Renaissance, yang lebih dipentingkan adalah vokal daripada instrumen. Sehingga, composer lebih memperhatikan syair untuk meningkatkan kualitas syair dan emosi lagu. Musik merupakan salah satu seni yang bersifat universal, artinya dapat digemari, dinikmati, didengar oleh semua lapisan masyarakat.

Instrumen yang telah ada sejak lahir adalah suara manusia, dan ini merupakan alat yang kemanapun seseorang itu pergi akan dibawanya dan dipergunakan baik dalam berbicara atau dalam musik vokal.

 

Jenis-Jenis Musik Vokal

Jika dilihat dari jumlah orang yang menghasilkan suara vokal maka dapat dibedakan, adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut.

  • Solo Vokal

Jenis musik vokal solo ini artinya musik vokal yang dihasilkan oleh seorang penyanyi saja.

  • Duet

Jenis musik vokal duet ini artinya bentuk penyajian musik vokal dilakukan oleh penyanyi berjumlah dua orang. Biasanya, vokal menggunakan dua melodi suara yang berbeda.

  • Paduan Suara

Jenis musik vokal paduan suara ini artinya vokal yang dihasilkan dari banyak penyanyi dengan berbagai macam jenis suara yang disatukan menjadi satu kesatuan.

Paduan suara juga merupakan penyajian musik vokal yang terbesar, hal ini karena paduan suara dapat dilaksanakan oleh banyak orang atau minimal 15 orang yang biasanya dibagi menjadi empat karakter suara melodi.

  • Vokal Group

Jenis musik vokal group ini artinya vokal yang dihasilkan dari beberapa orang dalam satu kesatuan suara. Penyajian vokal group dilakukan paling sedikit oleh empat orang, masing-masing biasanya bernyanyi dengan harmoni empat suara dengan diiringi oleh instrumen alat musik pengiring seperti contohnya piano atau gitar.

 

  • Kwartet

Jenis musik vokal kwartet ini artinya penyajian musik vokal dilakukan oleh empat orang yang saat bernyanyi melodi juga berbeda.

 

Sampai sini sudahkah kalian memahami tentang apa pengertian musik Vokal? Demikianlah pembahasan mengenai pengertian musik Vokal beserta sejarah, dan jenisnya, semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

Leave a Comment