Pengertian Musik Tanjidor

Pengertian Musik Tanjidor – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas apa pengertian musik tanjidor beserta sejarah, fungsi, dan alat musiknya, berikut penjelasannya.

 

Pengertian Musik Tanjidor

pengertian musik tanjidor

 

Musik Tanjidor merupakan sejenis musik orkes rakyat khas Betawi yang menggunakan alat-alat musik barat terutama alat tiup. Musik ini berkembang sejak abad ke-19. Alat-alat musik pada orkes tanjidor secara umum terdiri dari alat musik tiup seperti trombone, piston, tenor, clarinet, bass, dan dilengkapi dengan alat musik tambur dan gendering, yang termasuk dalam golongan instrumen membranophone.

Musik Tanjidor merupakan orkes yang digunakan untuk mengiringi pawai atau arak-arak pengantin. Biasanya, lagu-lagu yang dibawakan oleh orkes Tanjidor yaitu kramton, branas, dan batalion. Kemudian lagu Tanjidor berkembang danmembawakan lagu seperti jali-jali dan surilang. Ciri musik Tanjidor biasanya Tanjidor menggunakan alat musik yang berat. Pengembang Tanjidor sekaligus yang mempopulerkan musik ini adalah Benyamin Sueb.

Menurut Kamus Bahasa Indonesia, Tanjidor adalah tambur besar, serombongan pemain musik dengan terompet, tambur besar, dan sebagainya yang biasanya dimainkan pada hari raya china. Tanjidor sendiri berasal dari bahasa Portugis yaitu Tangedor yang berarti kelompok musik berdawai.

Sejarah Musik Tanjidor

Abad XIV – XVI

Diduga pada abad XIV -XVI tanjidor berasal dari bangsa Portugis yang datang ke Jakarta. Kelompok musik ini biasanya memainkan musik pada dawai militer atau upacara keagamaan. Konon, salah satu Gubernur Jenderal Belanda yakni Valckenier menggabungkan rombongan 15 orang pemain musik tiup Belanda dengan pemain gamelan, pesuling cina dan penabuh tambur Turki untuk memainkan pesta.

Ernst Heinz yang mana ahli musik dari Belanda berpendapat bahwa Tanjidor berasal dari para budak yang ditugaskan bermain musik untuk majikannya. Dan sejarahwan Belanda yakni Dr. F. De Haan juga berpendapat bahwa Orkes Tanjidor berasal dari orkes budak pada masa kompeni.

Abad XVIII

Kota Batavia pada abad XVII dikelilingi oleh Benteng tinggi pertahanan kolonial Belanda, vila diluar kota Batavia pun dibangun oleh para pejabat tinggi Belanda. Vila-vila tersebut terletak di Pondok Gede, Cililitan Besar, Tanjung Timur, Ciseeng dan Cimanggis.

Di vila-vila tersebutlah para budak yang mempunyai keahlian di bidang musik dimanfaatkan para pejabat tinggi Belanda untuk menghibur tamu-tamu. Hal tersebut terjadi karena mendatangkan pemusik dari Eropa sangatlah sulit.

Tahun 1860

Pada sekitar tahun ini perbudakan mulai dihapus. Era musik Tanjidor didalam rumah megah para pejabat tinggi Belanda berakhir. Para pemain musik yang awalnya budak menjadi orang yang merdeka. Dan karena keahlian setelah menjadi Budak tersebut, mereka membentuk perkumpulan musik sehingga lahirlah perkumpulan musik yang dinamakan Tanjidor.

Tahun 1950

Pada tahun 1950-an bangsa Indonesia kemelut politik dan keamanan, khususnya di Kota Jakarta. Kekuasaan yang Otoriter dan Sentralisasi negara mengeluarkan aturan dan perundang-undangan yang menjadi penyebab Orkes Tanjidor melakukan pertunjukan dengan cara ngamen, terutama pada tahun baru masehi dan tahun baru China. Hanya dengan menggunakan alas kaki seadanya atau bertelanjang kaki, pemain Orkes Tanjidor mengamen dari pintu ke pintu. Biasanya lokasi yang mereka pilih adalah kawasan elit seperti Kota Tua, Menteng, Salemba, Kebayoran Baru. Wilayah-wilayah tersebut diyakini diatas mayoritas penduduknya keturunan Cina.

Tahun 1954

Pemda Jakarta melarang Tanjidor ngamen didalam kota dengan alasan pelarangan tidak diketahui. Jelas hal tersebut membuat para seniman Tanjidor kecewa, karena selain pendapatan berkurang, kesenian Tanjidor tidak akan bisa mengalami perkembangan. Para seniman Tanjidor hanya dapat menunggu panggilan untuk memeriahkan hajatan atau pesta rakyat.

 

Fungsi Musik Tanjidor

Adapun beberapa fungsi Tanjidor adalah sebagai berikut.

  • Untuk menghibur
  • Untuk meramaikan acara Lamaran
  • Untuk mengiringi arak-arakan Pengantin
  • Untuk mengiringi acara Cap Gomeh
  • Untuk mengiringi acara Khitan

 

Alat-Alat Musik Tanjidor

Berikut alat-alat musiknya.

Klarinet

alat musik klarinet dalam pengertian musik tanjidor

 

Alat musik ini terbuat dari bahan logam dan bentuknya mirip seperti seruling, hanya saja suara yang dihasilkan berbeda jauh dengan seruling. Klarinet merupakan alat musik dari luar yang akhirnya berbaur dengan unsur lokal dan digunakan dalam pertunjukan Tanjidor. Klarinet sendiri juga merupakan alat musik tiup jenis Woodwind. Cara memainkannya dengan ditiup.

 

Rebana Biang

alat musik rebana biang dalam pengertian musik tanjidor

 

Rebana Biang namanya merujuk pada ukuran alat musiknya yang sangat besar, sehingga disebut Biang. Ukurannya yang besar menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang melintas dan melihat pertunjukan Orkes Tanjidor. Cara memainkannya dengan ditabuh menggunakan bagian tangan.

 

Saksofon

alat musik saksofon dalam pengertian musik tanjidor

 

Saksofon adalah alat musik tiup yang terbuat dari bahan logam dan merupakan bagian dari instrumen Woodwind. Saksofon memiliki suara khas yang dirasa cocok dengan musik tradisional karena itu alat musik ini digunakan dalam pertunjukan Tanjidor. Penggunaan alat musik ini tentunya tidak lepas dari pembauran budaya asing dalam bidang musik yang dibawa oleh orang-orang Belanda.

 

Rebana Ngarak

alat musik rebana ngarak dalam pengertian musik tanjidor

 

Alat musik ini merupakan Rebana yang berbeda dengan Rebana Biang, terutama dalam hal ukuran, Rebana Ngarak jauh lebih kecil dibanding Rebana Biang. Kulit yang digunakan pada pembuatan alat musik ini biasanya dibuat dari kulit kerbau atau sapi. Cara memainkannya dengan dipukul dengan tangan pada bagian kulitnya.

 

Trombon

alat musik trombon dalam pengertian musik tanjidor

 

Trombon suaranya dihasilkan oleh getaran pada bibir pemainnya. Dalam bahasa Itali, Trombon mempunyai makna terompet besar. Seseorang pemain musik Trombon disarankan melatih pernafasannya dengan baik untuk dapat memainkan alat musik ini dengan baik, karena meniup Trombon membutuhkan pernafasan yang panjang dan kuat.

 

Tehyan

alat musik tehyan dalam pengertian musik tanjidor

 

Alat musik tradisional asal Betawi ini mempunyai suara yang khas dan menjadi ciri salah satu permainan Orkes Tanjidor. Cara memainkannya dengan digesek menggunakan busur gesek yang terbuat dari Itali.

 

Simbal

alat musik simbal dalam pengertian musik tanjidor

 

Simbal menghasilkan suara yang tinggi dan dapat mengisi celah kosong nada tinggi nyaring dalam sajian musik yang dibawakan oleh Orkes Tanjidor. Alat musik ini juga berfungsi untuk mengimbangi sejumlah alat tiup lainnya yang pada umumnya menghasilkan nada-nada rendah.

Simbal yang digunakan biasanya berukuran sangat besar, sehingga satu pemain musik hanya menggenggam sepasang Simbal. Pemain Simbal disamping dituntut piawai dalam bnermain musik, namun juga dituntut mempunyai kekuatan otot tangan baik, karena simbal memiliki berat yang tidak ringan.

 

Kendhang

alat musik kendhang dalam pengertian musik tanjidor

 

Kendhang dimainkan sebagai pengatur tempo dan menjaga irama lagu yang sedang dimainkan oleh Orkes Tanjidor. Irama dan ketepatan bergantung pada keluwesan pemain Kendhang dalam menggerakkan tangan. Sesekali dalam pertunjukan Orkes Tanjidor, pemain Kendhang akan menunjukkan keahliannya dalam menabuh Kendhang. Cara memainkannya tentu dengan ditabuh.

 

Tamborin

alat musik tamborin dalam pengertian musik tanjidor

 

Tamborin dapat juga dimainkan dalam pertunjukan seni musik Tanjidor. Bagian tubuh Tamborin terbuat dari kayu pohon, sedangkan bagian permukaan tabuhnya terbuat dari kulit hewan ataupun plastik. Cara memainkannya dengan dipukul  menggunakan bagian dalam telapak tangan atau buku jari.

 

Bass Drum

alat musik bass drum dalam pengertian musik tanjidor

 

Alat musik ini menghasilkan suara rendah. Suara Bass Drum yang riuh juga menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak untuk mendekat dan melihat pertunjukan Orkes Tanjidor. Cara memainkannya dengan dipukul dengan stik penabuh.

 

Ketipung

alat musik ketipung dalam pengertian musik tanjidor

 

Ketipung memiliki bentuk yang mirip sekali dengan Kendhang, hanya saja suara yang dihasilkan dari membrannya sangat berbeda dari Kendhang pada umumnya. Ukuran diameter Ketipung jauh lebih kecil dibandingkan Kendhang. Cara memainkannya dengan cara dipukul menggunakan tangan pada bagian kulitnya.

 

Timpani

alat musik timpani dalam pengertian musik tanjidor

 

Timpani merupakan alat musik tabuh yang mempunyai ukuran sangat besar, maka tak heran jika alat musik tersebut sangatlah merepotkan jika dipindah pindahkan, sehingga alat musik ini hanya diikut sertakan apabila Orkes Tanjidor bermain dalam panggung yang tidak memerlukan mobilitas atau perpindahan yang tinggi.

Biasanya jika Orkes Tanjidor sedang ikut pawai atau karnaval, maka Timpani akan diikut sertakan. Cara memainkannya dengan dipukul menggunakan stik tabuh pada bagian kulitnya.

 

Terompet

alat musik terompet dalam pengertian musik tanjidor

 

Alat musik Terompet hanya mempunyai 3 buah lubang nada. Merdu tidaknya suara yang dihasilkan ditentukan dari pernafasan pemain musik ini. Panjang pendeknya nada juga bergantung pada panjang pendeknya pernafasan pemain Terompet. Cara memainkannya dengan cara ditiup.

 

Marching Baritone

alat musik marching baritone dalam pengertian musik tanjidor

Alat musik tiup ini dibuat khusus untuk kebutuhan Orkes jalanan, atau marching band, sehingga dapat tetap dimainkan dengan stabil meski pemainnya sedang berjalan. Biasanya disebuah Orkes Tanjidor, ada dua orang pemain yang memainkan alat musik Marching Baritone ini. Cara memainkannya dengan ditiup.

 

Snare Drum

alat musik snare drum dalam pengertian musik tanjidor

 

Snare Drum merupakan Drum yang dilengkapi tali sehingga ketika dibunyikan atau ditabuh, akan mengeluarkan suara tambahan seperti gemericik. Efek suara gemericik ini berasal dari tali tersebut. Suara ini juga menjadi daya tarik tersendiri dalam Orkes Tanjidor. Cara memainkannya dengan ditabuh.

 

Sampai sini sudahkah kalian memahami tentang pengertian musik Tanjidor? Demikianlah pembahasan mengenai pengertian musik Tanjidor beserta sejarah, fungsi, dan alat musiknya, semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

Leave a Comment