Pengertian Musik Rock

Pengertian Musik Rock – Musik Rock biasanya sangat disukai bagi anak laki-laki, namun ada juga perempuan yang menyukai jenis musik yang sudah populer di dunia ini, biasanya musik ini diputar jika sedang stress atau penat dalam kegiatan sehari-hari.

Tetapi, tahukah kalian apa pengertian musik rock ini sendiri? Menyukai jenis musik ini tidaklah cukup jika kalian belum mengetahui apa sebenarnya pengertian dari musik ini dan juga selak beluknya.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas apa pengertian musik rock beserta sejarah, ciri, jenis, fungsi, dan contohnya, berikut penjelasannya.

 

Pengertian Musik Rock

pengertian musik rock

 

Musik Rock merupakan salah satu genre musik populer di dunia yang memiliki beat yang kuat dan didalamnya lebih banyak menggunakan alat musik gitar baik elektrik maupun akustik, didalam musiknya juga lebih banyak menggunakan alat musik gitar, drum, bas, dan juga vokal. Selain itu juga banyak menggunakan penambahan instrumen seperti gitar, keyboard, piano, dan juga synthesizer.

Collins Cobuild menyebutkan bahwa musik rock merupakan jenis musik yang memiliki nada sederhana dan beat yang cepat, dimainkan dan dinyanyikan oleh sekelompok orang dengan gitar listrik dan drum.

 

Sejarah Musik Rock

Tahun ’50-an

Pada pertengahan ’50-an, musik rock merupakan genre populer di dunia yang mulai diketahui secara umum, akar dari musik ini berasal dari ryhtm dan blues, musik country dari tahun ’40 dan ’50-an dan juga berbagai pengaruh lainnya.

Kemudian musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik yang lain termasuk musik rakyat atau folk music, musik klasik dan musik jazz. Gitar listrik atau akustik, penggunaan beat yang sangat kentara pada rhthm section dengan gitar bass dan drum, dan keyboard seperti organ, piano, synthesizer merupakan bunyi khas dari musik rock.

Disamping gitar atau kibor, saksofon dan harmonika bergaya blues kadang digunakan untuk instrumen musik solo. Murninya musik rock mememiliki tiga chords backbeat yang konsisten dan mencolok dan melodi yang juga menarik.

Tahun ’60-an – ’70-an

Musik Rock berkembang menjadi beberapa jenis pada akhir tahun ’60-an dan awal tahun ’70-an, yang bercampur dengan musik folk atau musik daerah di amerika menjadi folk rock, dengan blues menjadi blues-rock, dengan jazz menjadi jazz-rock fusion. Di tahun ’70-an musik rock menggabungkan pengaruh dari musik latin, funk, dan soul.

Dan pada tahun ’70-an juga musik ini berkembang menjadi berbagai subgenre seperti glam rock, soft rock, heavy metal, hard rock, progressive rock, dan punk rock. Subkategori rock yang mencuat pada tahun ’80-an termasuk hardcore punk, new wave, juga alternative rock.

Tahun ’90-an

Pada tahun ini terdapat britpop, grunge, indie rock, dan nu metal. Sebuah kelompok pemusik yang mengkhususkan diri memainkan musik rock dinamakan atau dijuluki rock band atau rock group. Band rock atau rock group, banyak terdiri dari penyanyi utama, pemain gitar, pemain gitar bass, dan drummer, dan membentuk sebuah quartet.

Beberapa group menanggalkan satu atau dua posisi atas dan penyanyi utama digunakan sebagai pemain alat musik di samping menyanyi, membentuk duo atau trio. Group lainnya mempunyai pemusik tambahan seperti dua rhythm gitar dan seorang keyboardist atau pemain keyboard. Penggunaan alat musik bersenar seperti cello, biola, alat tiup seperti saksofon, trumpet, atau trombon cukup jarang dimainkan dalam jenis musik ini.

 

Ciri-Ciri Musik Rock

Agar kalian lebih mudah mengetahui musik rock, musik ini juga mempunyai ciri-ciri yang dapat membedakan dengan jenis musik lainnya. Berikut ciri-cirinya.

  • Wilayah nada dari nada tinggi sampai nada tingginya luas
  • Dinamika aransemen merupakan letak kekuatan musik
  • Lagunya kadang sulit disenandungkan
  • Lirik lagu biasanya bersifat ekspresif
  • Temponya bisa cepat dan juga bisa lambat
  • Harmoni bisa sangat rumit
  • Beatnya keras

 

Jenis-Jenis Musik Rock

Pogressive Rock

Jenis musik rock yang berkembang pada akhir ’60-an ini telah mencapai masa jayanya di tahun ’70-an. Jenis musik ini menggabungkan elemen-elemen dari musik jazz, rock, dan juga klasik.

Alternative Rock

Aliran musik rock muncul pada tahun ’80-an yang kemudian menjadi sangat populer pada tahun ’90-an.

Hard Rock

Jenis ini merupakan subgenre musik rock yang berakar dari musik garage rock dan psychedelic rock yang berasal dari pertengahan tahun ’60-an. Ciri khas jenis ini yaitu penambahan efek distorsi pada suara gitar listrik, bass, dan drum. Antara lain, distorsi ditambahkan dengan batnuan pedal efek, premaplifier, dan juga penguat suara.

Punk Rock

Jenis musik ini merupakan gerakan musik rock anti-establishment yang asalnya dari amerika serikat, australia, dan inggris sekitar tahun 70’an. Musik ini dipelopori oleh kelompok-kelompok seperti sex pistols, ramones, the damned, dan the clash.

Heavy Metal

Jenis musik ini merupakan sebuah aliran musik rock yang mengutamakan gitar yang cukup banyak dan berkembang pada tahun ’70-an.

Speed Metal

Speed Metal merupakan genre musik yang muncul di akhir tahun ’70-an, yang juga merupakan pendahulu dari aliran musik trash metal. Jenis musik ini merupakan versi lebih cepat dari musik yang dimainkan oleh black sabbath, led zeppelin, dan deep purple. Musik ini terkenal lewat band-band New Wave of British Heave Metal (NWOBHM).

Trash Metal

Jenis musik ini merupakan sebuah extreme metal subgenre dari heave metal, cirinya yaitu memiliki tempo cepat dan juga agresive. Biasanya menggunakan settingan gitar nada rendah dan perkusi yang cepat pada lagu-lagu Trash Metal.

Grincore

Grincore merupakan gabungand ari beberapa musik ekstrim, inspirasinya dimulai dari beberapa genre musik populer yang sangat cepat. Musik ini seperti gabungan antara genre hardcore-punk, dan extreme metal.

Death Metal

Death Metal merupakan sebuah subgenre dari musik heave metal, dan berkembang dari trash metal pada tahun ’80-an. Beberapa ciri khasnya yaitu ritme gitar yang rendah, perkusi cepat, lirik lagu yang bertemakan kekerasan atau kematian, dan intensitas dinamis. Biasanya, vokal dinyanyikan dengan gerutuan ata geraman. Sebutan “coockie monster vocals” merupakan teknik menyanyi seperti tersebut.

Black Metal

Awalnya musik ini dari band Venom pada tahun ’80-an lewat albumnya yaitu “Black Metal”. Kemudian diikuti oleh band-band seperti mayhem, bathory, mercyfull fate, dan hellhammer. Band tersebut semuanya ter-influence oleh band Venom. Band Black Metal biasanya bermain Trash Metal, Black Metal sangat berkembang¬† di daerah Skandinavia oleh band di atas tersebut pada awal tahun ’80-an sampai ’90-an, Black Metal juga termasuk jenis Metal Underground. Pada masa-masa kejayaannya, aliran musik ini memiliki komunitas bernama Neo Nazi Black Metal (NZBM). Komunitas tersebut termasuk yang berpengaruh di komunitas Metal Underground.

 

Fungsi Musik Rock

Selain musiknya yang cenderung keras, ternyata musik ini juga mempunyai fungsi yang bersangkutan dengan emosional dan juga kesehatan bagi para pencintanya, antara lain fungsi musik rock adalah sebagai berikut.

  • Pelampiasan rasa stress

Hal ini berdasarkan dari kelompok yang terdiri dari 377 orang dewasa yang telah disurvei, mengungkapkan bahwa penggemar musik rock membuat lebih bahagia daripada mereka yang lebih suka jenis musik lain atau yang sama sekali bukan pencinta musik.

  • Sarana hiburan

Hal ini karna manfaat umum musik yang dapat menghilangkan penat akibat aktivitas harian yang terasa membosankan.

  • Mengubah suasana hati

Ketika kita sedang terasa bosan maupun sedih, mendengarkan musik rock dapat membantu suasana hati menjadi lebih bahagia.

  • Menghadirkan suasana semangat

Hal ini karna musik rock yang cenderung keras, maka ketika sedang malas melakukan sesuatu, mendengarkan musik ini membuat kita menimbulkan rasa semangat yang produktif.

  • Menambahkan rasa semangat berolahraga

Berkaitan dengan menambahkan rasa semangat, yang akhirnya dapat membantu kita menjalankan olahraga dengan rasa semangat tadi.

  • Meningkatkan kinerja otak

Mood bagus dapat menjadi salah satu pemicu lancarnya kinerja otak atau bahkan kita dapat lebih kreatif saat mood kita sedang bagus, bagi pencinta musik rock, mendengarkan musik ini dapat meningkatkan mood mereka dengan baik yang akhirnya berefek positif pada meningkatnya kinerja otak.

  • Meredakan rasa sakit

Otak yang merasa semangat akan tidak berfokus pada rasa sakit yang kita alami, maka mendengarkan musik ini dapat menjadi pembantu untuk meredakan rasa sakit.

  • Dapat membuat lebih bahagia

Musik Rock yang cenderung keras membuat kita lebih semangat dan juga membuat lebih bahagia terutama pada penikmat jenis musik ini.

  • Bagus untuk jantung

Detakan musiknya yang keras dapat meningkatkan juga kinerja jantung, sehingga musik ini baik untuk bekerjanya jantung.

 

Contoh Musik Rock

  • Hotel California by The Eagles
  • Smells Like Teen Spirit by Nirvana
  • Welcome To The Jungle by Gun N’ Roses
  • Comfortably Numb by Pink Floyd
  • Numb by Linkin Park
  • In The End by Linkin Park
  • Hey Jude by The Beatles
  • Bohemian Rhapsody by Queen
  • Stairway To Heaven by Led Zeppelin
  • The Celebration Song by Unwritten Law

 

Sampai sini sudahkah kalian memahami tentang pengertian musik rock? Demikianlah penjelasan mengenai apa pengertian musik rock beserta sejarah, ciri, jenis, fungsi, dan contohnya, semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

Leave a Comment