Pengertian Musik Reggae

Pengertian Musik Reggae – Jika kalian penggemar musik Reggae, pastinya banyak lagu-lagu dari genre musik tersebut yang kalian ketahui terutama dari musisi Reggae idola kalian, tetapi apakah kalian tahu apa pengertian musik Reggae?

Sekedar menyukai tidaklah cukup jika kalian belum memahami apa sebenarnya pengertian musik jenis ini. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas apa pengertian musik Reggae beserta Sejarah, Ciri, Jenis, Fakta, dan Contohnya, berikut penjelasannya.

 

Pengertian Musik Reggae

pengertian musik reggae

Reggae merupakan suatu aliran musik pada akhir era 60-an yang dikembangkan di Jamaika terutama di Kingston. Walaupun, secara luas musik ini digunakan untuk menyambut hampir segala jenis musik jamaika, namun istilah reggae lebih tepatnya mengarah pada gaya musik khusus yang muncul mengikuti perkembangan ska dan rocksteady.

Mento, Ska, R&B, Jazz, Soul, Rocksteady merupakan sumber aliran dari musik Reggae ini. Basis Reggae pada gaya ritmis yang bercirikan aksen pada pada off-beat atau sinkopasi yang disebut sebagai Skank. Reggae pada umumnya memiliki tempo lebih lambat dibanding Ska dan Rocksteady.

Biasanya, dalam Reggae terdapat aksentuasi pada ketukan kedua dan keempat pada setiap bar, dalam gitar rhytm juga memberikan penekanan ketiga atau menahan kord pada ketukan kedua, sampai ketukan keempat. Utama pada “ketukan ketiga” tersebut, selain permainan bass yang kompleks dan temponya, membuat musik Reggae ini berbeda dengan Rocksteady, walaupun Rocksteady memadukan pembaruan-pembaruan tersebut secara terpisah.

 

Sejarah Musik Reggae

Tahun 60-an merupakan awal musik Reggae diperkenalkan kepada masyarakat, lebih tepatnya pada tahun 1968. Pada zaman dulu, terdapat musik yang bertempo lebih lambat dibandingkan Ska dan Rocksteady di negara Jamaika. Kemudian musik yang berirama lambat ini disebut oleh masyarakat sebagai genre musik Reggae.

Nama Reggae ini sendiri sebenarnya diambil dari negara Afrika, yang artinya Bergoyang, atau gerakan tubuh yang mengikuti irama lagu. Dalam kata lain, musik Reggae merupakan jenis musik yang dapat membawa para pendengarnya untuk bisa menari mengikuti irama lagu atau musik. Kemudian nada Reggae tersebut akhirnya dikonfirmasi sebagai milik Jamaika.

Sejak saat itu, genre musik Reggae mulai dikenal luas oleh masyarakat sekitar, bahkan dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun, genre musik Reggae sudah memiliki banyak penggemarnya di Jamaika. Populernya musik Reggae ini pun tidak bisa terlepas dari peranan para tokoh musisi jaman dahulu.

Terdapat banyak sekali tokoh musik Reggae yang menjadi duta sekaligus memperkenalkan genre musik tersebut. Seperti yang sudah tak asing lagi yaitu Bob Marley, Bob Marley juga dapat dikatakan sebagai perintis berkembangnya genre musik Reggae di dunia. Ia juga telah membuat banyak sekali album dan single sebagai hasil karyanya yang mendunia seperti No Woman No Cry, Redemption Song, One Love, dan masih banyak lagi.

Setelah Bob Marley sudah terkenal di ranah musik internasional, kemudian musik Reggae berkembang cukup pesat. Paul Simmon, Eric Clapton, Perry Lee, merupakan musisi yang muncul pada genre musik Reggae setelah Bob Marley. Perkembangan musik Reggae juga merupakan genre musik yang memiliki perkembangan sangat cepat dibanding genre musik lainnya, bahkan sekarang, musik Reggae merupakan musik populer di Amerika Serikat dan beberapa negara lain, Indonesia menjadi salah satunya.

Di Indonesia, genre musik Reggae merupakan genre musik yang populer di kalangan orang dewasa dan anak remaja. Rambut gimbal, skuter, dan hal klasik lainnya merupakan identifikasi musik reggae dalam masyarakat Indonesia. Sekarang, bahkan musik Reggae menjadi salah satu bagian dari gaya hidup mereka.

 

Ciri-Ciri Musik Reggae

Agar kalian lebih mudah mengetahui musik Reggae, adapun ciri-ciri musik Reggae adalah sebagai berikut.

  • Dalam musik Reggae temponya lebih lambat dibanding Rocksteady dan Ska
  • Dalam musik Reggae terpengaruh dari aliran musik Jazz, R&B, Soul, Ska, dan Mento
  • Dalam nusik Reggae unsurnya menggunakan konsep Call and Response
  • Dalam musik Reggae ketukan ritme musiknya adalah akord yang dimainkan menggunakan gitar, piano, atau bahkan keduanya
  • Dalam musik Reggae berbasis pada gaya ritmis off-beat atau sinkopasi, yang disebut juga Skank
  • Dalam musik Reggae terdapat aksentuasi pada ketukan kedua dan keempat pada setiap ketukan
  • Dalam musik Reggae gitar rhytm lebih banyak memberikan penekanan pada ketukan ketiga, atau menahan kord pada ketukan kedua, sampai ketukan keempat dimainkan
  • Dalam musik Reggae mempunyai ketukan drum dalam 3 kategori yaitu rockers, one set drum, dan steppers
  • Dalam musik Reggae mempunyai rhytm bass yang hampir identik antar lagu reggae
  • Dalam musik Reggae kebebasan atau freedom, cinta, sosial, politik, dan ganja biasanya merupakan tema yang diambil dalam lirik lagu
  • Dalam musik Reggae mempunyai tempo dan permainan bassnya yang kompleks
  • Dalam musik Reggae dikenal dengan warna hijau, kuning, dan merah
  • Dalam musik Reggae penampilan musisinya identik dengan rambut gimbal dan topi khas Reggae

 

Jenis-Jenis Musik Reggae

Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut.

  • Nyabhingi

Nyabhingi merupakan sebuah subgenre akar yang berhubungan dengan pengelompokan Rastafarian dengan nama yang sama.

  • Dub

Dub merupakan jenis musik instrumental yang dibangun di sekitar aplikasi peralatan elektronik pada lagu yang direkam. Suara “Its” yang merupakan suara yang dibangun di sekitar track instrumental individu mengubah volume, muncul, menghilang, sementara berbagai efek dan filter diterapkan kepada mereka telah terbukti sangat berpengaruh pada musik tari modern.

  • Dancehall

Dancehall merupakan pendahulu Jamaika ke hip hop, berdasarkan penyiar (emcees Jamaika) pemanggang (berbicara) di atas trek instrumental atau riddims.

  • Akar Reggae

Akar Reggae merupakan bentuk paling terkenal hari ini, Reggae dengan pesan Rastafarian nya. Dengan elektronik dan pengaruh dari musik barat kontemporer, awal produksi Reggae dikembangkan lebih lanjut.

Meskipun sebagian besar digantikan dalam imajinasi populer dengan Dancehall pada tahun 1979, gaya terus bahkan sampai hari ini sebagai genre minoritas bawah tanah.

loading...
  • Dub Puisi

Dub Puisi merupakan genre yang terdiri dari kata yang diucapkan selama dub / musik reggae. Perbedaan utama dengan pemanggang roti adalah bahwa pelaku vokal disertai dengan sebuah band memainkan lagu-lagu sendiri, bukan menyanyi selama Riddim yang sudah ada sebelumnya.

  • Rockers Gaya

Rockers gaya diciptakan pada pertengahan 1970-an oleh Sly & Robbie, yang pada saat itu adalah rhythm section The Revolusioner. Rockers disimbolkan sebagai gaya mekanik, militan, dan agresif bermain musik reggae.

  • Singjay

Singjay merupakan nama yang diberikan untuk memanggang DJ’s yang menambahkan beberapa melodi ke garis mereka dinyatakan diucapkan. Eksponen yang paling terkenal adalah EEK-a-Mouse, dan kemudian menjadi bagian dari repertoar Dancehall.

  • Sensi-Beat

Sensi-Beat merupakan nama untuk sebuah irama yang berasal sebagai bagian dari hit Barrington Levy “Di bawah saya sensi” dan itu digunakan di seluruh follow-up “Di sini saya Ayo”.

Gaya Jamaika pertama yang menekankan ketukan pertama di bar, terhampar dari Inggris, dimana Levy telah berkembang suara, dan menjadi lain berpengaruh terhadap dancehall.

  • Sleng-Teng

Sleng-Teng merupakan gaya reggae yang terdengar seperti Skinhead awal, tapi dimainkan di synthesizer. Sangat populer untuk sekitar 6 bulan di tengah tahun 1980-an, suara itu sangat mirip dengan tari 1990-an mainstream hit “The Macarena”. “Di bawah saya Sleng Teng” adalah hit asli, diikuti oleh puluhan peniru.

  • Raggamuffin

Raggamuffin merupakan musik dancehall elektronik. Mulai di bawah produser Prince Jammy pada tahun 1985, genre awalnya diproduksi pada keyboard sederhana namun akhirnya sintesiser lain telah ditambahkan.

Super Cat, Ranks Shabba dan Charlie Chaplin adalah beberapa seniman terkenal tahun 80-an dan awal tahun 90-an.

  • Fusi Reggae

Fusi Reggae merupakan campuran dari reggae dan atau dancehall dengan elemen berpengaruh yang berbeda dari genre lain apakah itu hip-hop reggae, R&B reggae, reggae jazz, reggae rock n roll, reggae India, reggae Latin, drum dan bass reggae, reggae punk, reggae polka, dll, diakui sebagai sub-genre atau genre fusi dari reggae dan musik dancehall.

  • Rumble

Akar reggae, garasi, jiwa dan ska merupakan campura Rumble. Pertama kali dibuat dan dipopulerkan oleh Mandeville band rumah grup reggae populer “Me & You”.

  • Steppa

Steppa adalah bentuk musik dub kontemporer, digital dan uptempo.

 

Alat Musik Reggae

Adapun alat-alat musiknya adalah sebagai berikut.

Drum Set

Semua orang sudah mengetahui alat musik ini, alat musik menjadi tak lengkap jika tak adanya alat ini. Begitupun musik Reggae, walau ketukannya berbeda dengan musik lain, ini sudah menjadi ciri khas musik Reggae yang sudah di aransemen kan dalam musik Indonesia. Cara memainkan alat musik ini jelas dengan dipukul dengan stick atau tongkat drum.

 

Keyboard

Keyboard merupakan alat musik yang dapat dikategorikan bagian dari furniture indah dan mewah, keyboard adalah alat musik yang sangat kompleks dan terdiri dari material-material yang mahal, cara memainkannya dengan memencet tuts-tuts yang ada pada keyboard untuk menghasilkan suara.

 

Gitar

Gitar merupakan alat musik berdawai yang cara memainkannya yakni dengan dipetik menggunakan jari maupun plektrum. Secara tradisional gitar dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari baja atau nilon, beberapa gitar terbentuk dari material karbonat. Secara umum gitar terbagi menjadi 2 jenis yaitu gitar elektrik dan gitar akustik.

 

Gitar Bass Elektrik

Gitar bass elektrik adalah alat musik berdawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilan alat musik ini mirip seperti gitar hanya saja ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang panjang, dan biasanya ia memiliki 4 senar, alat musik ini digunakan untuk menghasilkan suara bass.

 

Saxophone

Saxophone merupakan alat musik yang termasuk dalam kategori aerophone, single-reed woodwind instrument. Saxophone sering digunakan dalam musik reggae, ia memiliki range yang berbeda-beda. Alat musik ini berasal dari Belgia.

 

Djembe

Djembe merupakan jenis alat musik perkusi. Alat musik ini asalnya dari Afrika, sejarah alat musik ini dulunya digunakan untuk perlawanan melawan penjajah.

 

Fakta-Fakta Musik Reggae

  • Musik Reggae mempunyai lebih dari 17 subgenre walaupun semuanya hampir terdengar sama.
  • Rasta dan Reggae sebenarnya sama sekali tidak berkaitan. Hanya saja Rasta atau Rastafari adalah bentuk kepercayaan.
  • Para skinhead adalah pencipta awal musik reggae sebelum para Rastafara, musik tersebut sering dikenal dengan Skinhead Reggae (early reggae). Symarip adalah salah satu contohnya.
  • Banyak orang yang bukan pencinta musik reggae hanya mendengarkan reggae modern yang dianggap lebih trendi, ketimbang mendengarkan musik reggae awal seperti Bob Marley, Dennis Brown, dan Jimmy Cliff.
  • Dennis Brown telah mengeluarkan 75 album, 67 album kompilasi, 7 live album, dan 7 video dan dvd.
  • Musik reggae identik dengan pantai.

 

Contoh Musik Reggae

  • Mbah Surip – Tak Gendong
  • Souljah – Tak Selalu
  • Tony Q Rastaffara – Salam Damai
  • Dhyo Haw – Cantik Tapi Tak Menarik
  • Steven & Coconut Treez – Welcome to My Paradise
  • Monkey Boots – Tunggulah Tunggu
  • Tony Q Rastafara – Pesta Pantai
  • Shaggy Dog – Kembali Berdansa
  • Ras Muhamad – Satu Rasa
  • Souljah – Cintailah Aku
  • Tony Q Rastafara – Tertanam
  • Boys N Roots – Get Up
  • Shaggy Dog – Lagu Reggae
  • Ras Muhammad – Taking Over

 

Sampai sini sudahkah kalian memahami tentang apa pengertian musik Reggae? Demikianlah pembahasan mengenai pengertian musik Regga beserta sejarah, ciri, jenis, fakta, dan contohnya, semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

Leave a Comment

loading...