Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Pengertian Musik Menurut Para Ahli – Pada pembahasan artikel sebelumnya yakni pengertian musik, sudah kita ketahui bahwa secara umum, musik adalah susunan suara yang dirangkai sedemikian rupa yang mengandung irama dan keharmonisan sehingga membentuk sebuah lagu.

Musik juga merupakan suatu karya menakjubkan, seolah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Tetapi selain definisi musik secara umum, ada beberapa ahli juga yang mendefinisikan apa pengertian musik. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas pengertian musik menurut para ahli beserta fungsinya. Berikut penjelasannya.

pengertian musik menurut para ahli

 

Pengertian Musik Menurut Para Ahli

  • Adjie Esa Poetra

Pengertian seni musik adalah sebuah bunyi yang teratur, bukan saja bersifat normal normatif, melainkan juga diakui selaras yang berdasarkan perhitungan para ahli ilmu fisika.

 

  • Aristoles

Pengertian seni musik adalah curahan kemampuan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam satu rentetan nada atau melodi yang memiliki irama.

 

  • Banoe

Musik berasal dari nama Dewa Muse yang merupakan nama diantara dewa dalam mitologi Yunani Kuno. Dewa ini mewakili cabang seni dan ilmu pengetahuan.

 

  • David Ewen

Pengertian seni musik adalah ilmu pengetahuan serta seni mengenai kombinasi ritmik dan beberapa nada, baik vokal ataupun instrumental yang mencakup melodi serta harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu hal yang menginginkan diungkapkan terlebih dalam segi emosional.

 

  • Dello Joio

Dello Joio adalah komponis asal Amerika, ia menyatakan bahwa mengenal musik dapat menambah pengetahuan dan pandangan, selain juga mengenal banyak hal lain di luar musik.

Pada pengenalan terhadap musik akan meningkatkan suatu rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan dimensi lain dari sebiah kenyataan yang selama ini tersembunyi.

 

  • Jamalus

Pengertian seni musik adalah suatu yang membuahkan hasil karya seni, berupa bunyi berbentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan fikiran serta perasaan penciptanya lewat unsur-unsur pokok musik yaitu irama, melodi, harmoni, dan bentuk atau susunan lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.

 

  • Lexicographer

Pengertian seni musik adalah ilmu dan seni dari paduan ritmis beberapa nada, vokal ataupun instrumen yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengungkapkan apa saja yang memungkinkan, namun khususnya yang bersifat emosional.

 

  • Sylado

Pengertian seni musik adalah suatu wujud yang hidup dari beberapa kumpulan ilusi dan alunan suara. Lebih jelasnya, ia mengatakan bahwa alunan musik dan nada yang berjiwa dapat menggerakkan isi hati sang penikmatnya.

 

  • Suhastjarja

Suhastjarja adalah seorang dosen senior di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, tamatam Peabody Institute Amerika.

Menurut Suhastjarja, pengertian seni musik yaitu suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat, tentang bentuk wujud nada atau suara lainnya, yang mengandung sebuah ritme dan harmoni serta memiliki suatu bentuk dalam ruang dan waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan hidupnya, sehingga dapat dimengerti dan dinikmati.

 

  • Schopenhauer

Schopenhauer adalah seorang filsuf asal Jerman. Ia berpendapat bahwa pengertian seni musik adalah melodi yang syairnya berupa alam semesta.

 

Fungsi Musik

Musik juga merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan manusia, selain hanya dinikmati melalui telinga, musik juga mengandung beberapa fungsi. Adapaun fungsi musik adalah sebagai berikut.

Sebagai Sarana Ekspresi Diri

Lewat musik, seorang musisi akan lebih mudah meluapkan perasaannya. Selain untuk mengisyaratkan bakatnya, ekspresi perasaan muelalui musik akan lebih mudah dirasakan.

Apalagi jika musik tersebut berupa vokal yang berisi lirik yang tersusun elok dan mudah dipahami, disertai dengan iringan nada yang mewakili pengungkapan yang ingin dikeluarkan.

Misalnya jika hendak meluapkan sedih, irama yang dimainkan berupa irama yang bertempo pelan dan halus. Sebaliknya, jika irama tersebut cepat dan menggebu-gebu, biasanya mewakili luapan senang dan bahagia.

 

Sebagai Sarana Hiburan

Musik sangat efisien dalam menghibur. Selama suatu musik tersebut dianggap elok, sudah pasti musik tersebut dapat menghibur. Bahkan seseorang memerlukan musik untuk menghibur diri jika sedang sedih ataupun bosan. Lebih dari menghibur, musik juga bisa malalaikan manusia dari kehidupan sehari-harinya.

 

Sebagai Sarana Terapi

Awal mulanya, musik sebagai sarana terapi diperkenalkan pada perang dunia ke-II untuk memulihkan korban perang. Kini musik banyak dipakai untuk terapi penyakit mental atau kelumpuhan organ tubuh manusia. Musik juga bisa berguna untuk menyegarkan sejenak sistem pola otak setelah lama dimanfaatkan bekerja.

 

Sebagai Sarana Upacara

Musik di Indonesia pastinya akan selalu berkaitan erat dengan upacara-upacara tertentu seperti perkawinan, kelahiran, kematian, serta upacara spiritual dan kenegaraan. Di beberapa daerah bunyi dari suatu alat musik dipercaya memiliki unsur Magis.

 

Sebagai Sarana Komersial

Musik meruapakan salah satu pundi-pundi penghasilan bagi para seniman. Mereka merekam hasil karya mereka sendiri dalam bentuk pita kaset atau CD.

Kemudian karya mereka akan dijual kepasaran. Dari hasil penjualannya ini, mereka mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tidak hanya dalam media kaset dan CD. Para seniman juga melakukan pementasan yang dipungut biaya.

Biasanya musik juga sering dikontrak sebagai soundtrack sebuah film atau biasa disebut OST (Original Soundtrack). Biasanya, musik yang digunakan sebagai OST memiliki keterkaitan terhadap film, berupa keterkaitan kisah yang dapat meluapkan isi dari film tersebut.

 

Sebagai Sarana Tari

Musik seringkali cocok jika dikaitkan dengan tarian. Dua-duanya berkaitan dengan adanya kesamaan struktur dan ritme satu diantara keduanya, suatu tarian tanpa disertai irama musik akan terasa hampa dan menyulitkan bagi sang penari.

Tatkala penari mendemokan gerak tarinya, dibutuhkan tempo dan ritme agar gerakannya elok. Di Indonesia, bunyi-bunyian atau musik dibuat oleh penduduk untuk mengisi tarian-tarian lokal.

Oleh karena hal tersebut, kebanyakan tarian daerah di Indonesia hanya biisi oleh musik daerahnya sendiri. Mungkin saja di luar negeri juga seperti itu seperti dansa, ballet, dan lain sebagainya.

 

Sebagai Sarana Pendidikan

Musik digunakan dalam proses belajar di sekolah sebagai media pendidikan. Musik dimanfaatkan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air kepada para siswa melalui lagu-lagu perjuangan.

Tak hanya itu, lagu daerah juga dapat dipakai untuk pendidikan siswa dalam hal meningkatkan sikap tenggang rasa terhadap perbedaan suku, ras, dan agama.

 

Sebagai Sarana Kreativitas

Kreatif merupakan sifat yang murni ada pada diri manusia yang dikatikan terhadap skill atau kekuatan untuk menciptakan. Sifat kreatifitas ini selalu diperlukan untuk mengiringi kepribadian manusia dalam rangka memenuhi keperluannya.

 

Sampai sini sudahkah kalian mengetahui pengertian musik menurut beberapa ahli? Demikianlah pengertian musik menurut para ahli beserta fungsinya. Semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

Leave a Comment