Pengertian Musik Kreasi

Pengertian Musik Kreasi – Tahukah kalian pengertian musik kreasi? Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang pengertian musik Kreasi beserta jenis dan fungsinya. Berikut penjelasannya.

 

Pengertian Musik Kreasi

pengertian musik kreasi

Musik Kreasi merupakan istilah yang bermakna sebagai hasil pengolahan melodi, ritme, harmoni, suara, dan sebagainya yang dikemas dalam bentuk musik yang utuh.

Istilah Kreasi sendiri sebenarnya mengarah pada suatu kegiatan yang berkaitan dengan proses penciptaan musik yang dilakukan oleh para seniman.

Musik Kreasi juga diartikan sebagai suatu hasil pengolahan suara bersama harmoni, melodi, vocal, ritme dan tempo yang dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi suatu karya musik yang utuh untuk dinikmati.

 

Jenis-Jenis Musik Kreasi

Adapun jenis-jenis dari musik kreasi adalah sebagai berikut.

Musik Tradisional

contoh musik tradisional dalam musik kreasi

Musik Tradisional merupakan musik yang dipengaruhi oleh tradisi, adat dan budaya masyarakat tertentu. Secara umum musik Tradisi baik instrumen maupun vokal menjadi milik bersama, karena musik Tradisi banyak yang tidak diketahui tahun tercipta dan penciptanya.

Musik Tradisional dengan kesederhanaannya merupakan warisan seni budaya leluhur yang memiliki nilai luhung dan diakui keberadaannya karena mampu mengadaptasi lingkungan tempat karya musik itu hidup dan berkembang.

 

Musik Klasik

contoh musik klasik dalam musik kreasi

Musik Klasik terlahir dari masa sekitar akhir abad ke-18, semasa hidup komponis Mozart dan Haydn. Musik Klasik yang pembuatan dan penyajiannya memakai sifat, bentuk dan gaya dari musik yang berasal dari masa lalu.

Musik Klasik merupakan musik kuno. Musik Klasik hidup dan berkembang di lingkungan kaum bangsawan, di lingkungan istana atau keraton. Karya musik Klasik mempunyai sifat yang mempertahankan norma dan nilai-nilai yang sangat kuat.

 

Musik Modern

contoh musik modern dalam musik kreasi

Musik Modern dikenal dengan sebutan musik Kreasi baru. Musik Klasik dan musik Tradisional merupakan sumber dari musik Modern yang dikemas dari hasil sebuah proses kreasi dari bentuk aslinya, kreasi musik ini biasanya mencerminkan sikap dinamis yang menjadi tuntunan masyarakat. Musik Modern secara prinsip mampu memberikan nuansa baru meskipun materinya lama.

 

Musik Kontemporer

loading...

contoh musik kontemporer dalam musik kreasi

Musik Kontemporer merupakan musik baru di Indonesia yang tidak mempunyai kaitan dengan tradisi sama sekali. Adapun Kriteria dari Kontemporer, yaitu suatu bayangan “kebebasan sepenuhnya”, Kontemporer dianggap sebagai salah satu gaya tertentu yang diartikan sebagai suatu sikap menggarap di ujung perkembangan seni yang digeluti.

 

Fungsi Musik Kreasi

Adapun fungsi-fungsi dari musik Kreasi adalah sebagai berikut.

Mengungkapkan Emosi

Musik berfungsi sebagai pengungkapan emosi baik oleh penulis lagu maupun para penikmat musik. Ada musik yang memiliki suasana ceria, hangat untuk mengekpresikan kegembiraan. Nuansa Musik yang menegangkan, sedih, seram, menyayat, yaitu untuk mengekspresikan perasaan yang dialami.

Sebagai Sarana Hiburan

Fungsi awal dari musik ialah sebagai media penghibur. Konser dan pertunjukan musik dan didatangi oleh banyak orang untuk memperoleh hiburan dari seni musik.

Sebagai Salah Satu Ritual

Pada masa lalu upacara atau ritual keagamaan selalu diisi musik. Tujuannya adalah agar semua orang dapat menjalaninya secara lebih Khidmat. Beberapa agama yang sering mempergunakan musik disetiap upacara adalah agama Hindu di Bali.

Untuk Meningkatkan Kecerdasan

Otak Manusia dibagi menjadi 2, yaitu Right Hemisphere atau otak kanan, dan Left Hemisphere atau otak kiri. Keseimbangan 2 bagian otak tersebut dapat mempengaruhi kecerdasan otak manusia. Musik dijadikan sebagai alat penyeimbang otak kiri. Daya estetik musik juga dapat dimanfaatkan sebagai penambah IQ.

Mengiring Tarian

Musik pengiring tarian selalu selaras dengan gerakan tarian, musik tersebut dimanfaatkan untuk menyelaraskan gerakan para penari. Ada musik yang bisa mempengaruhi penontonnya agar ikut menari juga. Contohnya adalah pada kesenian Kuda Lumping, jika orang memiliki kemampuan khusus maka orang tersebut pun akan ikut menari karena mendengar musik pengiring tarian Kuda Lumping.

Sebagai Media Pengobatan

Beberapa Tabib Muslim pada abad ke-9 dan ke-10, telah menggunakan musik sebagai sarana penyembuh penyakit, baik jasmani maupun rohani. Seorang Filsuf, Al-Farabi (257-337) H/870-950 SM telah menulis risalah tentang pengobatan melalui musik Al-Ilaj fi Al Musiqa. Beethoven, tanpa disadarinya, juga membuktikan bahwa musiknya menjadi alat penyembuhan penyakit jiwa bagi komposer yang kesepian karena ketuliaannya tersebut.

Sebagai Pengiring Pertunjukan

Pentas drama dan film selalu diiringi musik yang disesuaikan dengan suasana adegannya. Tujuannya untuk membantu penonton agar memahami suasana dalam pertunjukan tersebut.

Untuk Melambangkan Sesuatu

Tempo musik biasanya digunakan untuk melambangkan suatu suasana, misalnya saja jika musik yang dimainkan temponya lambat, maka itu melambangkan kesediha, dan sebaliknya. Musik juga dapat menjadi lambang suatu negara misalnya lagu Indonesia Raya yang merupakan perlambangan dari negara Indonesia.

Sebagai Pengiring Kegiatan Olahraga

Kegiatan olahraga terutama senam baik senam ritmik maupun senam kesegaran jasmani terasa lebih energik ketika diiringi musik. Jika tempo musik cepat, maka dengan sendirinya gerakan kita akan menjadi cepat.

Sebagai Sarana Pendidikan

Suatu pelajaran akan lebih mudah dipahami jika dijadikan musik atau diiringi musik. Musik juga dapat dipergunakan sebagai sarana penyampaian nasehat yang mendidik anak.

Meramaikan Suasana

Ketika kita sedang sendiri, memainkan atau mendengarkan musik akan membuat suasana menjadi lebih ramai. Suasana dalam perjalanan juga akan terasa lebih meriah jika diiringi dengan musik.

Sebagai Ciri Khas Kebudayaan Setempat

Setiap negara di dunia dan bahkan setiap daerah di Indonesia pasti memiliki sebuah musik Tradisional sebagai salah satu ciri khas kebudayaannya. Ketika orang-orang mendengarkan musik tersebut, mereka pasti langsung teringat daerah dimana musik tersebut berasal.

Sebagai Sarana Bisnis

Industri musik merupakan salah satu industri kreatif yang paling menguntungkan. Banyak orang terlibat dalam industri musik banyak memberikan keuntungan dari penjualan merchandise, tiket konser, dan sponsor bagi para pelaku musik.

Sebagai Sarana Komunikasi

Musik menjadi salah satu sarana komunikasi jarak menengah pada masa yang lalu. Misalnya jika suatu upacara telah dimulai maka akan dibunyikan musik khusus untuk mengundang para undangan dan sebagai isyarat bahwa upacara telah dimulai.

Demikian penjelasan mengenai Musik Kreasi, semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

Leave a Comment

loading...