Pengertian Musik Jazz

Pengertian Musik Jazz – Musik Jazz merupakan genre musik yang terkenal di dunia dan juga banyak digemari orang. Tetapi tahukah kalian apa pengertian musik Jazz? Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian musik Jazz, beserta Sejarah, Ciri, Alat, Jenis, dan Fungsinya. berikut penjelasannya.

 

Pengertian Musik Jazz

pengertian musik jazz

Jazz merupakan genre musik yang tumbuh dan dikembangkan dari genre musik Ragtime dan Blues, dan musik khas Eropa, terutama musik band. Jazz awal dikembangkan di akhir abad 19 dan awal abad 20. Genre musik jazz berasal dari kawasan New Orleans, Amerika Serikat yang juga berasal dari kalangan warga Afrika-Amerika.

Jazz sudah mulai diakui sebagai salah satu genre musik yang dikenal luas mulai tahun 1920-an. Dalam sejarah musik Jazz, jazz mempunyai pengertian yang luas dan mempunyai beberapa definisi yang khusus.

Menurut Joachim-Ernst Berendt, istilah pengertian musik Jazz yaitu bentuk seni musik yang berasal dari Amerika Serikat melalui pertemuann orang ras kulit hitam dengan musik khas Eropa.

Menurut Travis Jackson, definisi musik Jazz diartikan lebih luas yaitu musik yang mencakup kualitas seperti improvisasi, swing, interaksi kelompok, mengembangkan suara individu dan menjadi terbuka untuk menghasilkan musik yang berbeda.

 

Sejarah Musik Jazz

Genre musik Jazz pertama dari Amerika merupakan benar-benar asli kontribusi kepada dunia seni masyarakat. Periode 1930-an dan pada tahun 1940-an sampai sekarang adalah satu-satunya dalam sejarah ketika usia popularitas Jazz lainnya hilang cahayanya, semua genre musik di Amerika Serikat adalah suatu masa yang dikenal sebagai era Big Band, dan selama itu ayunan musik adalah Raja. Popularitas Jazz, dan cara bermain dalam perubahan gaya musik, warned setelah WWII.

Namun band besar dari orang-orang seperti Woody Herman, Duke Ellington, Count Basie dan lain-lain upheld tradisi di tahun 1970-an dan seterusnya. Selain itu Jazz kelompok kecil, terdiri dari kedua mantan band besar era solostis musisi muda baru dan sama-sama ada lanjutan untuk memanfaatkan paralel distinctions banyak dari bahasa yang mereka mainkan di rekaman dan ayunan sejak jatuhnya band yang besar.

Demikian pula yang besar, pop jazz, dan vocalists dari tahun 1950-an dan 1960-an yang digunakan oleh aturan dan instrumenisasi arrangers dan musisi yang berkaitan dengan sebelumnya, dan pemahaman. Bahasa ayun hari ini terucap oleh beberapa yang berbakat sekarang ini, modern dan musisi Jazz band ayunan. Pertengahan tahun 1990-an memperbaharuinya dalam ayunan musik adalah kebangkitan dari Lindy-hop Jitterbug Swing dan Tarian yaitu Fueled by a Swing Dance.

Sekarang ini sukses dan dari sesi band pemimpin yang acquiesce untuk memutar dan merekam musik Jazz yang swings melakukannya dengan pengetahuan yang menarik perhatian adalah penggemar baru Jazz agak sama dan mirip dengan rasa yang memuaskan dari ayunan penari, besar pemain lebih mudah untuk memahami dan berhubungan dengan ketika mengalir seperti itu didukung oleh halus, stabil, dan lancar yang rhythms, banyak seperti yang populer di pertengahan 1930-an.

 

Ciri-Ciri Musik Jazz

Setelah kalian mengetahui pengertian dan sejarah dari musik Jazz, dan agar kalian lebih mudah mengetahui musik Jazz, Jazz juga mempunyai ciri-cirinya. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

Bluetonality

Bluetonality merupakan sejenis musik irama yang lebih mirip sepereti nada musik Blues. Hal tersebut terjadi karena memang akar dari musik Jazz berasal dari genre musik Blues.

Sycopation

Sycopation merupakan ciri-ciri musik Jazz dengan nada tempo tinggi atau up tempo. Singkup ini banyak digunakan dan diaransemen para penyanyi Jazz pada sejumlah lagu-lagu modern dan masa kini.

Swinging

Swinging merupakan iramanya yang terasa seperti mengayun atau nada cengkok yang sangat enak di dengar oleh para pecinta musik Jazz.

Improvisasi

Improvisasi meriupakan jenis musik Jazz yang perlu ada didalam setiap lagu yang menggunakan nada Improvisasi. Hal tersebutlah uang dikatakan ciri-ciri musik Jazz. Misalnya yaitu lagu yang dibawakan dengan nada tinggi di tengah maupun di akhir nada lagu tersebut dengan kunci gitar yang mengiringi saat akan naik juga.

Vokal dan Lirik

Vokal dan Lirik dalam musik Jazz cenderung dianggap sebagai bagian dari bunyi instrumen dengan harmoninya yang cukup rumit serta memiliki Tonalitas yang luas dan sering terjadi modulasi.

 

Alat Musik Jazz

Adapun alat musik yang dimainkan dalam musik Jazz adalah sebagai berikut.

Trompet

contoh alat musik trompet dalam musik jazz

Trompet merupakan alat tiup musik logam. Alat musik ini hanya memiliki 3 tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda.

 

Trombon

contoh alat musik trombone dalam musik jazz

Trombon merupakan alat musik tiup logam. Layaknya dengan alat musik tiup logam yang lainnya, suara dihasilkan dengan menggetarkan bibir. Kata Trombon ini sendiri diambil dari bahasa Italy, “Tromba” yang berarti Trompet, “-one” yang berarti besar, jadi secara bahasa tulis arti dari Trombone adalah “Trompet Besar”

 

Biola

contoh alat musik biola dalam musik jazz

Biola merupakan sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini mempunyai 4 senar G-D-A-E yang di stamp berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada G merupakan nada yang paling terendah.

 

Drum-Drum atau Perkusi

contoh alat musik drum dalam musik jazz

Perkusi merupakan alat yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang. Selain kulit, drum atau perkusi juga digunakan dari bahan lain, seperti plastik.

 

Jenis-Jenis Musik Jazz

Adapun jenis-jenis dari musik Jazz adalah sebagai berikut.

Ragtime

Awal mulanya musik Jazz, musik yang menyerupai musik Afrika dengan Tone dan Beat yang menyerupai musik asli Afrika, Enthusiastic, Vibrant, dan Extemporaneous merupakan ciri-ciri yang dapat dikenali.

Classic Jazz

Classic Jazz sering disebut dengan “New Orleans Style”. Aslinya berupa Brass Band yang ditampilkan di acara Dance dan pesta-pesta pada akhir tahun 1800-an dan awal 1900-an. Instrument musical dilengkapi dengan Saxophone, Clarinet, Cornet, Trombone, Banjo, Bass, Guitar, Drum dan Piano. Dalam permainnya, Improvisasi sangatlah ditekankan, dan aransemen musikal dapat berbeda dari setiap penampilannya.

Hot Jazz

Jazz jenis ini identik dengan penyanyi solo yang berimprovisasi, struktur melodi yang khas, dan biasanya memiliki klimaks yang emosional dan “hot”. Rhytm sectionnya biasanya diiringi Bass, Gitar, Banjo dan drum yang meningkat secara pelan-pelan sehingga mencapai Klimaks.

Chicago Style

Chicago merupakan pusat kelahiran aliran ini yang intinya adalah “Inventive Player”. Dikarakreristikkan dengan aransement yang harmonis dan inovatif, dan teknik permainannya yang tinggi.

Swing

Awalnya Swing yaitu pada tahun 1930-an. Karakteristik utama dari Swing ini sendiri adalah: Robust and Invigorating. Swing juga sering dikatakan musik Dance.

Kansas Style

Aliran ini muncul pada masa The Great Depression sekitar tahun 1920-an dan 1930-an di kota Kansas, USA. Karakterstik dari Kansas Style ini yaitu Gayanya yang sangat Soulful dan Blues.

Gypsy Jazz

Gypsy Jazz aslinya diperkenalkan oleh gitaris Perancis Django Reinhardt. Sering dipengaruhi oleh musik rakyat dari eropa timur (Folk Music). Dan juga sering dikenal dengan nama Jazz Manouche. Karakteristik utamanya adalah Languid, Seductive Feel.

Bebop

Bebop sendiri berkembang pada awal tahun 1940-an dan masing mengandalkan Improvisasi, dalam bop seorang soloist bebas mengeksplorasi kord selama masih dalam struktur kord yang ada.

Soul Jazz

Soul Jazz berasal dari Hardbop yang cukup terkenal pada awal tahun 1960-an. Berimprovisasi dengan chord progression, sama seperti bop.

Groove

Groove sendiri sering disebut “of-shoot of Soul Jazz”. Jenis ini sering memakai tone-tone dari musik Blues dengan fokus terutama pada Rhytms. Musik ini bernuansa gembira dan sering menyentuh emosi pendengarnya untuk Dance, sedangkan Blues sendiri lebih lambat.

 

Fungsi Musik Jazz

Musik Jazz juga mempunyai fungsinya, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan Kreatifitas
  • Meminimalisi Kecemasan
  • Meningkatkan Kecerdasan
  • Meningkatkan Konsentrasi

Demikian pembahasan mengenai Musik Jazz, semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

Leave a Comment