Pengertian Musik Hip-Hop

Pengertian Musik Hip-Hop – Suka kah kalian pada musik Hip-Hop? Atau pernah mendengar lagu-lagu dari artis Hip-Hop terkenal seperti Chris Brown, Jazzy Jaz, dan lain lain? Pada pembahasan kali ini kita akan membahas apa pengertian musik Hip-Hop, Sejarah, Ciri, dan Contohnya. Berikut penjelasannya.

 

Pengertian Musik Hip-Hop

pengertian musik hip hop

Hip-Hop merupakan bentuk ekpsresi musik yang berasal dari masyarakat Amerika-Afrika dan Hispanik-Amerika selama tahun 1970 di New York City. Musik Hip-Hop juga tidak bisa dipisahkan dari teknik musik Rap, yaitu teknik menyanyi dengan cepat.

Hip-Hop juga salah satu macam genre musik terkenal selain genre musik lainnya. Di awal perkembangannya, hip-hop sudah menjadi sebuah budaya. Elemen budaya dalam sejarah hip-hop mencakup musik rap, musik DJ, teknik beatbox, tari breakdance dan tulisan graffiti.

 

Sejarah Musik Hip-Hop

Hip-Hop pertama kali muncul yaitu pada era 70an, musik Hip-Hop pertama dkenal di Amerika Serikat di kalangan ras Afrika-Amerika. Munculnya Hip-Hop tepatnya ada di New York City di daerah Bronx. Awalnya musik Hip-Hop hanya berupa teknik Rap atau bernyanyi cepat dengan irama. Hip-Hop kemudian berkembang menjadu sebuah budaya. Selain Rap, dikenal juga teknik menyanyi Beatbox serta musik DJ.

Elemen Hip-Hop lain mencakup hal yang tidak berhubungan dengan musik, misalnya tulisan graffiti hingga tarian Breakdance. Hip-Hop menjadi budaya yang melambangkan kaum kulit hitam Amerika. Hip-Hop dapat diartikan sebagai Genre musik seperti sekarang ini. Sementara musik Rap juga berkaitan erat dengan musik Hip-Hop, meskipun Hip-Hop tidak selalu Rap dan sebaliknya.

Awalan dari musik Hip-Hop yaitu mendaur ulang lagu yang sudah ada dengan teknik DJ, Rap, Sampling, Beatbox hingga menggunakan Turntable dan Drum. Musisi Hip-Hop generasi awal mulai bermunculan seperti Grandmaster Flash, The Sugarhill Gang, The Furious Five, DJ Kool Herc. Group Sugarhill Gang dianggap sebagai pioneer awal musik Hip-Hop.

Kebangkitan musik Hip-Hop yaitu pada era 80an, musik Hip-Hop pun terkenal di dunia Internasional. Genre Hip-Hop juga mendapat pengaruh dari aliran musik lain seperti R&B, Rock dan Pop. Generasi emas Hip-Hop di tahun 80an memunculkan musisi Hip-Hop ternama seperti LL Cool J, Run-DMC, A Tribe Called Quest, Beastie Boys dan Public Enemy. Lagu Hip-Hop barat terbaik pun banyak bermunculan yang berasal dari tahun 80an. Run-DMC juga memulai tren dengan mengkombinasikan musik Rock dan musik Hip-Hop

Beberapa subgenre Hip-Hop baru mulai bermunculan di awal 90an. Aliran west coast hip hop, gangsta rap, east coast hip hop dan new school hip hop menjadi booming. Tahun 90an didominasi oleh banyak group group hip-hop terbaik seperti Wu-Tang Clan, dan N.W.A. Ada juga penyanyi hip hop terbaik seperti Jay-Z, Dr. Dre, The Notorious BIG, dan Tupac Shakur yang mendominasi berita musik di tahun 90an.

Hip-Hop pun mulai menjadi populer di seluruh dunia. Di Indonesia, sejarah Hip-Hop juga pertama populer pada tahun 90an lewat musisi lokal yaitu Iwa K. Sementara di awal 2o00an, musik Hip-Hop menjadi kian terkenal lewat muncul-munculnya musisi dan Rapper terbaik dunua seperti Kanye West, Eminem, OutKast, dan Dr. Dre. Berbagai fusion musik Hip-Hop seperti alternative hip hop dan nu metal membuat jenis musik ini menjadi meluas.

 

Ciri-Ciri Musik Hip-Hop

Agar kalian lebih mudah mengenal musik Hip-Hop, ciri-ciri dari musik Hip-Hop adalah sebagai berikut:

  • Liriknya berisi teriakan-teriakan protes
  • Musiknya yang nge-Beat
  • Biasanya mengandung teknik Rap

 

Contoh Musik Hip-Hop

  • Eric B. and Rakim – Paid in Full
  • N.W.A – Straight
  • The Notorious B.I.G – Juicy
  • Public Enemy – Fight the Power
  • Dr. Dre Ft. Snoop Dogg – Nuthin’ But a G. Thang

Sampai sini sudahkah kalian memahami mengenai pengertian musik Hip-Hop? Demikianlah pemnbahasan mengenai pengertian, ciri-ciri, dan sejarah musik Hip-Hop. Semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

Leave a Comment