Pengertian Musik Dangdut

Pengertian Musik Dangdut – Dangdut merupakan salah satu genre musik yang sudah banyak digemari masyarakat Indonesia, dan juga merupakan musik asli Indonesia. Musik Dangdut Indonesia pun menjadi genre musik Indonesia yang merakyat dan populer. Musik nya yang membuat bergoyang dan berirama membuat Musik Dangdut menjadi salah satu musik yang diidolakan masyarakat Indonesia.

Tahukah kalian Pengertian Musik Dangdut itu? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian, ciri-ciri musik Dangdut beserta sejarahnya. Berikut penjelasannya.

 

Pengertian Musik Dangdut

pengertian musik dangdut

Musik Dangdut merupakan salah satu genre musik tradisional Indonesia. Musik India, musik Melayu dan musik Arab sangat mempengaruhi genre musik Dangdut ini sendiri. Musik Dangdut sangat digemari di Indonesia karena lagu-lagu dan musiknya yang merakyat.

Tak heran jika lagu Dangdut banyak yang populer bahkan menjadi lagu hits di Indonesia. Musik Dangdut mengkombinasi antara musik Melayu dan juga musik India, lalu musik Dangdut berkembang dan menghadirkan ciri khasnya yang berbeda dengan musik Melayu.

Penyanyi dan pendengar musik Dangdut ini agar menggoyangkan anggota badannya karena memang irama musik Dangdut ini yang ringan. Liriknya yang sederhana pun membuat musik Dangdut ini sangat mudah diterima oleh masyarakat.

 

Sejarah Musik Dangdut

Tahun 1940

Pada tahun 1940-an, musik Dangdut berakar dari musik Melayu. Unsur aliran musik dari Arab dan gabungan dengan irama musik dari India sangat kental pada musik Melayu. Suatu ciri khas tersendiri dari Irama Melayu adalah unsur Tabuhan Gendang yang memang merupakan bagian unsur dari Musik India digabungkan dengan unsur Cengkok Penyanyi dan Harmonisasi dengan irama musiknya dan merupakan awal dari mutasi dari Irama Melayu ke Dangdut.

loading...

Musik Melayu pun juga ikut berkembang seiring dengan perkembangan zaman, irama Melayu telah menjadi suatu aliran musik kontemporer, yaitu suatu cabang seni yang terpengaruh dari dampak modernisasi.

Tahun 1960

Musik Melayu mulai dipengaruhi oleh banyak unsur mulai dari Degung, Gambus, Langgam, dan Keroncong mulai pada tahun 1960-an. Mulai pada zaman ini lah sebutan untuk irama Melayu mulai diubah menjadi terkenal dengan sebutan Musik Dangdut. Sebutan Dangdut ini sendiri adalah Onomatope atau sebutan yang sesuai dengan bunyi suara bunuyi, yaitu bunyi dari Bunyi alat musik Tabla atau yang biasa kita sebut Gendang.

Masyarakat semakin mengenal musik Dangdut yang merupakan seni kontemporer ini seiring perkembangan zaman. Awal mulanya Dangdut dikenal dengan seni musik untuk kalangan kelas bawah dan memang aliran seni musik Dangdut ini juga merupakan cerminan dari kondisi masyarakat kelas bawah yang memiliki ciri khas kelugasan dan kesederhanaannya.

Tahun 2000

Seiring kejenuhan dengan musik Dangdut asli pada awal tahun 2000-an, membuat para musisi dangdut daerah Jawa Timur mulai memberi Inovasi musik Dangdut yang lebih segar, yaitu seni musik Dangdut Koplo.

Berkat Kreatifitas para Musisi Dangdut Jawa Timur-an inilah hingga akhirnya sekarang ini musik Dangdut Koplo yang khas dengan gaya jingkrak pada setiap goyangan penyanyi. Dangdut Koplo sendiri juga saat ini sudah dikenal luas dan banyak digemari oleh seluruh warga Indonesia.

 

Ciri-Ciri Musik Dangdut

Musik Dangdut juga memiliki ciri-ciri layaknya genre musik lainnya, sehingga dapat dibedakan dengan genre-genre musik yang lain.

Adapun ciri-ciri dari musik Dangdut adalah sebagai berikut:

  • Syair pada musik Dangdut sangatlah ringan sehingga mudah diterima oleh banyak masyarakat, syair nya pun juga banyak yang mengandung pantun.
  • Musik Dangdut selalu disertai oleh tarian dan joget yang khas.
  • Musik Dangdut biasanya menggunakan alat-alat musik tradisional, seperti Madolin dan Gendang. Alat musik lain seperti Gambus dan Tabla pun juga sering digunakan pada musik Dangdut.

 

Tokoh-Tokoh Musik Dangdut

Adapun tokoh-tokoh dari Musik Dangdut adalah sebagai berikut:

  • Rhoma Irama
  • Elvy Sukaesih
  • Mansyur S
  • A. Rafiq
  • Meggy Z
  • Jhonny Iskandar
  • Muchsin Alatas

Demikian penjelasan mengenai musik Dangdut, semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

1 thought on “Pengertian Musik Dangdut”

Leave a Comment

loading...