Pengertian Musik Daerah

Pengertian Musik Daerah – Saat kalian mengunjungi tempat-tempat daerah dan melihat tarian-tarian daerah, pastinya ada musik yang mengiringi nya, dan sama halnya seperti saat kalian melihat Upacara Adat, dan sebagainya. Taukah kalian apa itu Musik Daerah?

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas pengertian musik Daerah beserta ciri, dan fungsinya. Berikut penjelasannya.

 

Pengertian Musik Daerah

pengertian musik daerah

Musik Daerah merupakan suatu bentuk Budaya dan Karya Seni yang menggunakan bunyi-bunyian atau media suara, yang berkembang dan hidup ditengah-tengah masyarakat yang sesuai dengan adat atau aturan daerah setempat, dan dilakukan secara turun menurun dan pembelajarannya dilakukan secara oral atau lisan.

Musik Daerah ini sendiri juga merupakan warisan leluhur yang telah diturunkan secara lisan sehingga tidak diketahui siapa pencutusnya, serta tidak menonjolkan sikap perorangan karena Musik Daerahini adalah milik suatu golongan Suku Bangsa.

 

Fungsi Musik Daerah

Pada umumnya Musik Daerah mempunyai arti dan fungsi nya yang sangatlah penting dalam kehidupan masyarakat. Adapun fungsi dari Musik Daerah adalah sebagai berikut:

Sebagai Pengiring Tarian

contoh tari tradisional dalam musik daerah

Tarian-tarian Tradisional di Indonesia atau yang berkembang di masyarakat Indonesia seluruhnya hampir menggunakan Musik Daerah sebagai pengiringnya. Salah satu contohnya adalah pada Tari Pendet.

 

Sebagai Sarana Upacara Adat

contoh upacara adat dalam musik daerah

Fungsi Musik Daerah yakni sebagai kelengkapan dan pengiring dalam acara adat seperti Godang yang dipakai pada acara Adat Batak, musik Gong Luang yang digunakan pada saat Upacara Ngaben, musik Karang Dodou yang juga merupakan jenis musik Ritual saat memberikan nama Bayi atau memandikan Bayi.

 

Sebagai Pengiring Pertunjukan

contoh pertunjukan tradisional dalam musik daerah

Musik Daerah selalu dibutuhkan untuk mengiringi suatu pertunjukan Seni. Contohnya yaitu Pergelaran Pertunjukan Wayang Golek yang selalu menggunakan musik pengiring Gamelan dari Nayaga alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat.

 

Sebagai Media Komunikasi

contoh media komunikasi tradisional dalam musik daerah

Musik Daerah juga bisa berfungsi sebagai media komunikasi antar masyarakat atau antar individu dengan pemimpinnya pada zaman dahulu.

loading...

Contohnya musik kentongan atau angklung yang digunakan sebagai sarana untuk mengumpulkan warga, atau membangunkan warga saat bulan puasa.

 

Sebagai Sarana Hiburan dan Pendidikan

contoh sarana pendidikan dalam musik daerah

Dalam Musik Daerah, diiringi oleh lagu-lagu dengan syair yang menghibur, karena kata-katanya yang ringan atau jenaka.

Musik Daerah ini sendiri pun juga dapat diiringi dengan lagu dan dengan syair yang berisikan nasihat dan petuah sebagai sarana pendidikan.

 

Ciri-Ciri Musik Daerah

Agar kalian lebih mudah mengetahui Musik Daerah, adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

Dipelajari Secara Lisan

Musik Daerah juga merupakan bagian dari kebudayaan yang wajib di lestarikan. Musik ini sudah diwariskan secara turun temurun dan biasanya dilakukan secara lisan dari satu generasi ke generasi yang lainnya.

 

Tidak Mempunyai Notasi

Proses pembelajaran dan cara penyampaiannya yang secara lisa menjadikan Partitur atau naskah Musik menjadi suatu hal yang tidak terlalu penting. Hal tersebut membuat musik daerah yang tidak memiliki Notasi ini menjadi hal yang wajar.

Tetapi bukan berarti semua musik daerah tidak mempunyai Notasi, sudah banyak daerah yang menggunakan Notasi tetapi masih belum menggunakan Partitur atau Naskah. Sehingga penyampaiannya menggunakan cara Lisan

 

Bersifat Informal

Musik Daerah biasanya dipergunakan sebagai suatu bentuk ekspresi masyarakat. Musik ini banyak digunakan dalam kegiatan kemasyarakatan sehingga bersifat lebih informal/santai dan sederhana. Untuk Musik Daerah yang sifatnya Kompleks dan Formal biasanya diberlakukan di lingkungan Istana dan Kerajaan.

 

Pemainnya Tidak Terspesialisasi

Dalam pengembangan proses belajar instrumen musik daerah biasanya menggunakan sistem yang bersifat Generalisasi. Para emain musik tradisional mempelajari untuk dapat memainkan setiap instrumen yang ada dalam suatu jenis musik daerah.

Mereka akan belajar untuk memainkan instrumen mulai dari yang termudab sampai yang terumit. Sehingga pemain musik daerah yang memang sudah mahir memiliki kemampuan untuk memainkan semua instrumen musik tersebut.

 

Syair Lagu Berbahasa Daerah

Musik Daerah tentunya juga menggunakan syair bahasa daerah. Begitu juga dengan irama dan melodinya, ia menunjukan ciri khas daerahnya.

 

Lebih Melibatkan Alat Musik Daerah

Musik Daerah secara umum dibawakan menggunakan alat musik khas dari daerah itu sendiri. Misalnya lagu-lagu daerah Jawa maka umumnya diiringi oleh alat musik khas Jawa, seperti Gamelan.

 

Budaya Masyarakat

Musik Daerah merupakan bentuk kebudayaan yang memang berkembang di dalam kehidupan masyarakat. Hingga setiap ciri kebudayaan masyarakat Sang Penciptanya pasti sudah melekat erat didalamnya.

Maka bisa dikatakan bahwa Musik Daerah merupakan salah satu bentuk gambaran kebudayaan suatu daerah tertentu.

 

Sampai sini sudahkah kalian memahami penggertian musik Daerah? Demikian penjelasan mengenai pengertian, fungsi, dan ciri-ciri dari Musik Daerah. Semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

Leave a Comment

loading...