Pengertian Musik Blues

Pengertian Musik Blues – Genre Musik Blues tentunya merupakan salah satu Genre Musik yang populer. Genre musik ini sendiri berasal dari masyarakat Afrika-Amerika di daerah Deep South di Amerika Serikat. Sejak awal muncul pada akhir abad 19, genre musik blues ini terus berkembang hingga menjadi salah satu aliran musik yang populer.

Musik Blues juga kerap dipadukan dengan Genre musik yang lain seperti Rock ataupun Jazz. Dalam perkembangannya pun banyak musisi blues terbaik yang bermunculan seperti Robert Johnson, Muddy Waters, B.B King, Stevie Ray Vaughan.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian Musik Blues beserta ciri-ciri nya, berikut penjelasannya.

 

Pengertian Musik Blues

pengertian musik blues

Blues termasuk jenis atau genre musik yang mulai muncul pada akhir abad 19. Musik Blues ini sendiri berasal dari daerah Deep South, Amerika Serikat yang merupakan pengembangan dari aliran musik folk dan juga musik tradisional Afrika. Genre musik Blues ini memang mempunyai kaitan erat dengan lagu ritual dan rohani khas tradisi Afrika.

Pada awalnya, memang banyak yang mengatakan bahwa kata Blues ini digunakan sebagai singkatan dari Blue Devils, yang berarti melankolis dan kesedihan, penggunaan awal istilah dalam pengertian ini ditemukan pada George Colman S. Kata Blue Devils ini sendiri dianggap melambangkan halusinasi visual dan kesedihan yang telah banyak menjadi tema lagu-lagu blues di era dulu. Meski demikian, banyak juga sumber yang memiliki anggapan bahwa Blues merupakan singkatan dari Blue Notes.

Genre Blues didasari pada bentuk Blues namun memiliki karakteristik lain seperti lirik tertentu, iinstrumen dan garis bass. Blues bisa dibagi menjadi beberapa subgenre mulai dari negara untuk Blues perkotaan yang lebih atau kurang populer selama periode yang berbeda dari abad ke 20.

 

Ciri – Ciri Musik Blues

Agar kalian lebih mudah mengetahui bagaimana musik Blues, berikut ciri-cirinya:

Selalu Menggunakan Pentatonic Scale

Jika kalian yang sering mendengarkan Musik Blues sering merasa menghayati alunan dari petikan gitar-gitar dari lagu Blues tersebut, hal itu karena memang yang digunakan di lagu-lagu Blues ini menggunakan Pentatonic Scale yang cenderung miring.

Dan dari scale pentatonic dalam musik Blues ini sendiri pun dibagi menjadi dua yang sering dimainkan dalam musik Blues, yakni Pentatonic Mayor dan Pentatonic Minor, dimana perbedaan Pentatonic Mayor dan Minor itu sendiri adalah dari tempo dan intervalnya.

Jika Pentatonic Mayor itu memiliki Interval M2-M2-m3-M2-m3 dan dari Pentatonic Minor sendiri memiliki Interval atau tempo m3-M2-M2-m3-M2.

Terkesan Melankolis / Sedih

Meski untuk saat ini musik Blues ini sendiri telah mengalami perkembangannya dari Blues Rock dan lain-lain, tetapi akar dari musik Blues sendiri merupakan musik yang sangat sedih karena menceritakan kesedihan dari budak-budak Afrika di Amerika yang saat itu terbilang saat sedih hingga mereka melantunkan lagu Blues ini saat mereka sedang bersama.

Lirik lagu yang digunakan pada saat itu pun juga banyak membahas permasalahan kehidupan warga atau masyarakat Amerika keturunan Afrika. Musik Blues ini juga memiliki beberapa subgenre, seperti Delta Blues, Country Blues atau Chicago Blues. Musik Blues ini sendiri baru mencapai kepopulerannya di seluruh dunia setelah Perang Dunia II.

Banyak Dipadukan Dengan Musik Lain

Musik Blues ini sendiri juga banyak dipadukan dengan aliran musik lain seperti contohnya Blues Jazz, dan juga R&B yang juga merupakan aliran musik pengembangan Blues.

Instrumenisasi Khas dan Unik

Ciri khas lain pada Musik Blues ini sendiri juga dapat didengar dari syair lagu yang unik, alunan bass nya yang khas dan juga instrumenisasi yang digunakan.

Lagu bass klasik menggunakan satu baris lirik yang biasanya diulang sebanyak 4 kali sesuai dari alunan musik. Musik Blues kembali berkembang di periode awal abad ke-2o yang mana kali ini menggunakan struktur AAB di bagian ritme akhir lirik.

 

Contoh Musik Blues

  • Muddy Water – Hoochie Coochie Man
  • Rick Darnell – The Thrill is Gone
  • Jimi – Red House
  • Freddy Raja – Im Tore Down
  • Robert Johnson – Love in Vain
  • Otish Rush – All Your Love
  • Roy Brown – Hard Luck Blues
  • Albert King – Born Under a Bad Sign
  • Elmore James – Dust My Broom
  • Elmore James – Shake Your Moneymaker

Sampai sini sudahkah kalian memahami mengenai pengertian musik Blues? Demikian pengertian beserta ciri-ciri dari Musik Blues, semoga bermanfaat bagi kita semua.

(alatmusik.net)

Leave a Comment