Pengertian Alat Musik Ritmis

Pengertian Alat Musik Ritmis – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas apa pengertian musik ritmis beserta ciri, fungsi, dan contohnya, berikut penjelasannya.

 

Pengertian Alat Musik Ritmis

pengertian alat musik ritmis

 

Ketika ditanya mengenai apa pengertian musik ritmis, maka akan mendapatkan jawaban yang berbeda-beda, tetapi pada intinya alat musik ritmis merupakan alat musik yang digunakan sebagai pengiring lagu.

Alat musik ritmis merupakan alat musik yang tidak bernada atau memiliki nada yang tidak tetap. Berdasarkan pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa alat musik ritmis digunakan sebagai alat musik pengiring. Ada 3 kategori dalam alat musik, yaitu:

  • Alat Musik Melodis

Alat musik Melodis adalah alat musik yang bisa menghasilkan suara melodi atau dapat membunyikan melodi dalam sebuah lantunan lagu. Ciri alat musik melodis ini adalah tidak dapat memainkan Kord sendirian

  • Alat Musik Harmonis

Alat musik Harmonis merupakan alat musik yang dipakai untuk memainkan harmoni pada sebuah lagu. Alat musik Harmonis juga merupakan alat musik yang bernada tetapi tidak dapat dibentuk. Ciri alat musik ini adalah dapat dimainkan 3 nada atau lebih secara bersamaan

  • Alat Musik Ritmis

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, alat musik ritmis merupakan alat musik yang digunakan sebagai pengiring atau sebagai pengatur irama lagu. Ciri alat musik ini adalah nadanya yang tidak beraturan atau bernada tetap

 

Fungsi Alat Musik Ritmis

Adapun fungsi dari alat musik ritmis adalah sebagai berikut.

  • Sebagai Alat Penghibur diri

Fungsi dari alat musik ritmis digunakan sebagai alat penghibur diri yang disukai oleh semua kalangan baik muda, tua, bahkan dari zaman dahulu hingga sekarang. Dimana ada musik, disitulah pastinya terdapat alat musik yang digunakan.

  • Sebagai Pengiring

Selain itu, alat musik ritmis juga digunakan sebagai pengiring atau bisa juga digunakan sebagai pengatur tempo pada suatu lagu, sebab alat musik ritmis merupakan alat musik yang tidak mempunyai nada atau tidak bernada.

 

Contoh Alat Musik Ritmis

Berikut merupakan contoh alat musik ritmis.

Kendang

contoh kendang dalam pengertian alat musik ritmis

 

Alat musik ritmis ini juga ada yang menyebutnya gendang yang merupakan instrumen dalam gamelan jawa, manfaat penting dari kendang yaitu mengatur irama. Cara memainkan alat musik ini dengan memukulkan tangan ke kulit yang direnggangkan.

 

Rebana

contoh rebana dalam pengertian alat musik ritmis

 

Rebana merupakan kendang berukuran kecil yang memiliki bentuk bundar serta pipih. Terdapat bingkai berbentuk lingkaran yang dibuat dari kayu yang dibubut. Cara memainkan alat musik ini dengan menepuk salah satu sisi yang berlapis kulit kambing.

 

Tifa

contoh tifa dalam pengertian alat musik ritmis

 

Tifa merupakan alat musik ritmis tradisional yang asalnya dari Papua. Alat musik ini sebenarnya hampir sama dengan gendang, baik dari cara memainkannya, bentuk, maupun bahan yang digunakan yaitu dari kulit hewan dan kayu.

loading...

Bentuk dari alat musik tifa memanjang dan bagian tengahnya sedikit ramping. Sedangkan gendang, pada bagian tengahnya cenderung membesar. Cara memainkan alat musik ini dengan berdiri dan dipukul seperti gendang.

 

Kastanyet

contoh kastanyet dalam pengertian alat musik ritmis

 

Biasanya, alat musik kastanyet ini digunakan untuk mengiringi tari-tarian Spanyol. Cara memainkannya dengan cara meletakkan alat musiknya di tangan kiri, kemudian tangan kanan menepuk-nepuk tangan kiri agar alat musik ritmis tersebut menghasilkan bunyi sesuai yang diinginkan oleh pemainnya.

 

Timpani

contoh timpani dalam pengertian alat musik ritmis

 

Timpani merupakan alat musik ritmis tradisional yang terbuat dari bahan kuningan dan tabungnya yang menyerupai mangkuk, alat musik ritmis ini biasanya hanya dimainkan beberapa kali saja. Cara memainkannya dengan dipukul dengan stik atau mallet timpani.

 

Konga

contoh konga dalam pengertian alat musik ritmis

 

Konga sama seperti dengan kendang, hanya saja bentuknya lebih panjang dan terdapat keunikan tersendiri dari bentuknya. Alat musik ritmis tradisional yang satu ini terbuat dari kayu. Kulit hewan yang digunakan untuk permukaannya menghasilkan bunyi yang sangat khas.

Untuk gantungannya, konga diletakan di penyangga besi supaya posisi konga terap seimbang pada waktu dimainkan. Cara memainkannya dengan dipukul menggunakan kedua tangan tanpa alat bantu.

 

Tamborin

contoh tamborin dalam pengertian alat musik ritmis

 

Alat musik ritmis ini biasanya digunakan sebagai pengiring lagu yang iramanya riang. Alat musik ini berbentuk lingkarang dari logam. Terdapat logam bulat tipis dipasang rangkap pada setiap sisinya, ada juga tamborin yang terbuat dari kulit.

Pada sekeliling bingkai tamborin, terdapat beberapa kerincingan logam yang mengeluarkan bunyi bergemerincing ketika alat musik ini digoyangkan.

 

Marakas

contoh marakas dalam pengertian alat musik ritmis

 

Marakas merupakan alat musik tradisional. Marakas ketika digoyangkan akan menghasilkan suara, ini terjadi karena alat musik ini didalamnya terisi dengan butiran kecil.

Alat musik ritmis ini juga termasuk jenis perkusi autophones atau idiophones dan juga salah satu bagian penting dari musik rumba, salsa, cuba, charamga, dan trova ensemble.

 

Triangle

contoh triangle dalam pengertian alat musik ritmis

 

Triangle merupakan alat musik yang berbentuk segitiga persis seperti namanya. Alat musik ritmis ini masuk dalam kategori idiofoni karena triangle dapat menghasilkan suara dari getaran seluruh badannya.

Alat musik ini terbuat dari bahan besi logam. Cara memainkannya dengan memukulnya dengan batang pemukul dari besi.

 

Simbal Tangan

contoh simbal tangan dalam pengertian alat musik ritmis

 

Simbal merupakan salah satu alat musik yang dimainkan sejak zaman kuno. Simbal terdiri dari dua buah lempengan logam yang berbentuk lingkaran, dan memiliki tonjolan di bagian tengahnya. Cara memainkannya dengan membenturkan atau menggesekkan kedua lempengan tersebut.

 

Sampai sini sudahkah kalian memahami tentang apa pengertian alat musik ritmis? Demikianlah penjelasan mengenai pengertian alat musik ritmis beserta ciri, fungsi, dan contohnya, semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

Leave a Comment

loading...