Cara Memainkan Alat Musik Sitar

Cara Memainkan Alat Musik Sitar yaitu dengan cara dipetik pada bagain dawai atau senarnya secara satu persatu maupun bersamaan. Asal kalian tahu, bentuk alat musik ini hampir sama dengan gitar hanya saja pada bagian tubuhnya tidak terlalu besar dan melebar.

Alat musik sitar merupakan perpaduan dari alat musik gitar dan juga biola, sehingga nada yang dihasilkan oleh sitar juga sangat merdu untuk didengar. Berikut adalah penjelasan lebih dalam tentang alat musik Sitar.

 

Alat Musik Sitar

cara memainkan alat musik sitar

Sitar merupakan instrumen yang biasanya digunakan dalam musik klasik Hindustan dan juga dimainkan sebagai iringan untuk tari di India. Biasanya Sitar dimainkan bersama alat musik lain seperti Tabla, Sarod dan Tambura untuk mengiringi musik-musik tradisional yang ada di India.

Alat musik sitar sudah ada sejak tahun 1800an. Alat ini ternyata berasal dari orang-orang timur tengah yang melakukan perjalanan hijrah menuju India. Sitar ini memiliki tujuh Dawai Simpatetik bersamaan juga dengan dengan dawai biasa dan ruang resonansi yang terbuat dari Gourd (sejenis buah-buahan yang sudah dikeringkan dan memiliki rongga pada bagian dalamnya).

Sitar ini ternyata alat musik yang paling populer dan disukai sebagai alat musik khas India Utara. Alat musik ini terbuat dari labu-labu dan memiliki berbagai kualitas tergantung dari ukiran dan dekorasi yang dibuat oleh sang pengrajin sehingga cukup berpengaruh pada harga yang diberikan dikarenakan bentuknya yang artistik.

 

loading...

Cara Memainkan Alat Musik Sitar

Cara memainkan alat musik Sinar ini dengan cara dipetik dibagian senar atau dawainya. Sitar memiliki lima hingga tujuh dawai yang biasanya dua hingga empat tali digunakan untuk memainkan melodi, dan tiga tali untuk melodi kedua.

Cara memainkan Sitar yaitu dengan diletakan pada posisi yang sama seperti sedang bermain gitar. Yaitu salah satu tangan untuk memetik dawai dengan jari, lalu tangan yang lain untuk menekan pada bagian leher Sitar untuk menghasilkan bunyi yang diinginkan.

Tidak mudah untuk memainkan alat musik Sitar, sama halnya dengan bermain gitar kita harus mengetahui kunci kunci nada tertentu untuk menimbulkan nada yang pas.

 

Jenis Alat Musik Sitar

Sitar merupakan jenis alat musik yang biasanya digunakan pada seni-seni musik berjenis klasik Hindustan yang sudah ada sejak Zaman pertengahan. Sitar di percaya oleh beberapa orang telah ada dari zaman dahulu namun lebih diketahui dengan nama Veena bukan Sitar.

Yang dimaksud dengan Dawai simpatetik yaitu dawai yang berukuran sangat kecil dan memiliki jumlah yang sangat banyak hingga 19, dan terletak pada tepat dibawah dawai utama.

 

Pembuatan Alat Musik Sitar

Pembuatan alat musik Sitar yang menghasilkan kualitas yang bagus membutuhkan proses yang kompleks. Dari segi bentuk leher, faceplate, dan labu (ruang beresonansi utama) dari Sitar harus halus, biasanya di buat dari kombinasi berbahan kayu mahoni dan jati, yang dikenal sebagai kayu toon. Leher dari Sitar biasanya terbuat dari berbagai bahan contohnya tanduk rusa, kayu hitam, atau bahkan tulang unta.

Untuk pemilihan bahan kayu dan lainnya dibutuhkan pengetahuan, kesabaran, dan keahlian yang tentunya diwariskan dari generasi ke generasi para pengrajin Sitar dan pastinya membutuhkan waktu yang lama untuk membangun kualitas satu buah Sitar.

Untuk membuat string instrumen dengan jembatan biasanya Ahli Sitar harus melalui proses jawari atau proses untuk mengoptimalkan kualitas tonal Sitar. Dan kemundian membiarkan Sitar berdiri untuk beberapa selang waktu yang biasanya memakan waktu seminggu atau bahkan lebih yang berfungsi agar leher Sitar menekuk sedikit.

Ahli sitar harus melihat Instrumen, suara, dan juga bentuk visual Sitar dengan sangat detail. Demikian adalah sedikit pengetahuan tentang alat musik unik dan langka yang bernama Sitar yang berasal dari India hingga cara memainkannya, semoga berguna untuk teman-teman pembaca dan bermanfaat untuk pengetahuan.

Leave a Comment

loading...