Cara Memainkan Alat Musik Pianika

Cara memainkan alat musik pianika sama seperti piano dan juga organ yaitu menekan tuts yang ada pada alat musik, perbedaan pianika dengan organ dan piano adalah adanya selang untuk kita meniup.

Pianika menghasilkan suara dari udara yang kita tiup, tapi perkembangan zaman yang modern membantu dengan terciptanya pianika elektrik yang tentunya membuat pemainnya tak perlu membuang tenaga dengan meniup terus menerus.

Pianika masuk dalam kategori alat musik modern yang hampir seluruhnya bagian tubuhnya ditutupi bahan dari plastik keras, pianika yang paling sering kita temukan berwarna biru yang biasanya digunakan saat masih bersekolah dulu.

 

Alat Musik Pianika

Bentuk pianika kecil dan mirip dengan piano dan ada selang berukuran kecil-sedang menempel saat ingin dimainkan atau alat tiup lainnya. Alat musik pianika biasanya digunakan untuk tim paduan suara, mengiringi lagu (aransemen) dan belajar nada sebelum mempelajari cara memainkan piano.

Pianika tidak cocok untuk dimainkan jika kalian memiliki riwayat penyakit pernafasan atau memiliki masalah di paru-paru. Pianika juga tidak baik jika digunakan bersama karena alat tiup yang digunakan bekas orang lain.

Pianika adalah jenis alat musik yang tidak terlalu sulit dimainkan karena kebanyakan dari penggunanya hanya belajar note dasar saja dan jarang menggunakan tuts hitam untuk melengkapi permainan nada mereka yang kosong. Jika kalian tertarik untuk belajar memainkan piano, ada baiknya memulai dengan menggunakan pianika terlebih dahulu.

 

loading...

Cara Memainkan Alat Musik Pianika

cara memainkan alat musik pianika

Pianika memiliki selang yang digunakan untuk meniup. Ada beberapa orang yang berpendapat jika cara memainkan pianika adalah dengan ditiup, beberapa golongan lainnya berpendapat cara memainkan alat musik pianika adalah ditekan pada bagian tutsnya.

Pianika mampu memainkan melodi pokok, mengiringi lagu atau kontra melodi. Lagu yang biasanya diringi adalah lagu daerah dan lagu Nasional, adapun peran dari tuts itu sendiri adalah

  • Tuts berwarna putih berfungsi untuk memainkan nada asli
  • Tuts berwarna hiam berfungsi untuk memainkan nada kromatis

Jika dilihat dari fisiknya, pianika memang memiliki bilah keyboard yang jika tutsnya ditekan barulah menghasilkan suara. Tapi, jika tidak ada udara yang ditiup meski kita tekan tutsnya tidak akan mengeluarkan suara.

Untuk memainkannya kalian harus meniupkan udara melalui pipa lalu tangan kiri memegang atau menopang pianika dan tangan kanan menekan tutsnya. Kalian juga bisa menggunakan kedua tangan jika situasi memungkinkan.

 

Perbedaan Pianika dan Piano

Tentu hanya melihatnya dari bentuk sudah jelas piano berukuran lebih besar dari pianika, tapi ada beberapa faktor yang membedakan pianika dengan piano, seperti

  • Dibutuhkan tenaga ekstra karena harus meniup
  • Suara yang dihasilkan tergantung dari udara yang ditiup
  • Memiliki jumlah tuts yang terbatas dan suaranya berbeda
  • Pianika lebih kecil dan bisa dibawa lebih mudah

Beberapa hal kecil namun penting saat kamu ingin belajar cara memainkan pianika adalah

  • Penggunaan tangan kanan dan kiri yang benar
  • Mendapatkan posisi yang nyaman
  • Lingkungan yang mendukung (jika di rumah lebih baik tidak terlalu kencang)
  • Target latihan yang konsisten

Secara garis besarnya pianika lebih melelahkan karena adanya pipa yang mengharuskan kita meniup udara, tapi piano lebih sulit dikarenakan jumlah tutsnya yang lebih banyak dan kompleks. Ingat, apa yang sedang kita bahas bukanlah pianika elektrik yang bisa dimainkan tanpa harus ditiup.

Sebelum memulai belajar, mungkin kalian bisa mempelajari tangga nada dan suara yang dihasilkan tiap-tiap tuts yang ditekan, kemudian belajarlah mengatur nafas agar tidak terpotong ditengah permainan. Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment

loading...