Cara Memainkan Alat Musik Kecapi

Cara memainkan alat musik kecapi yaitu dipetik. tidak jauh berbeda dengan gitar, kecapi merupakan instrumen yang berbentuk seperti papan kayu yang memiliki senar namun senar yang ada pada kecapi biasanya terbuat dari senar baja.

Berikut merupakan penjelasan dari apa itu Kecapi hingga cara pembuatannya. Ayo kita simak !

 

Alat Musik Kecapi

cara memainkan alat musik kecapi

Kecapi merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sunda, Jawa Barat. Sebagai alat musik tradisional, suara yang dihasilkan oleh kecapi ini sangat lembut oleh karena itu kecapi biasanya digunakan sebagai alat musik utama dalam Tembang Sunda atau Mamaos Cianjur.

Kecapi ternyata memiliki nada yang berbeda. Untuk memainkan alat kecapi ini harus menggunakan notasi dengung. Apa itu notasi dengung? Notasi dengung yaitu notasi yang merupakan bagian dari sistem heptachordal pelog. Biasanya kita akan mendengar suatu nada yang berbunyi DO RE MI akan tetapi Kecapi itu sendiri memiliki nada MI DA NA.

Cara memainkan alat musik kecapi tidak terlalu jauh berbeda dengan gitar dan bagi teman-teman yang ingin belajar cara memainkan kecapi juga bisa dilakukan dimana saja selama ada alat musiknya. Kata “Kecapi” merujuk pada sebuah tanaman dalam bahasa Sunda yang kayunya diyakini bisa dimanfaatkan untuk membuat alat musik ini.

 

Cara Memainkan Alat Musik Kecapi

Alat Musik Kecapi ini dimainkan dengan cara dipetik, ada 3 teknik dasar dalam memetik kecapi yang harus kita ketahui agar kita dapat memainkan kecapi dengan baik.

loading...

Berikut merupakan Cara memainkan alat musik kecapi :

  • Sintreuk-toel adalah sebutan untuk teknik petikan kecapi yang menggunakan dua jari. Yaitu, telunjuk kanan dan kiri.
    • Sintreuk : Jari telunjuk tangan yang melipat ke dalam, dan ujung jari menyentuh senar untuk dipetik.
    • Toel : Jari telunjuk tangan kiri sedikit melengkung ke dalam sehingga ujung jari menyentuh senar.
  • Dijambret, adalah teknik yang dilakukan menggunakan jari pada tangan kanan untuk membunyikan 3 nada secara bersamaan. Jari yang bertugas dalam teknik ini yaitu ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah. Dan pada tangan kiri hanya ibu jari dan telunjuk. Teknik ini biasanya digunakan untuk mengiringi lagu bertempo cepat
  • Dijeungkalan, adalah teknik yang hampir sama dengan Jambret. Perbedaan hanya ada pada saat memetik senar. Posisi tangan kanan yang digunakan untuk mengiringi musik serta tangan kiri digunakan untuk nada bebas.

 

Jenis Alat Musik Kecapi

Kecapi bisa dibedakan dari bentuk dan fungsinya.

Berikut ini adalah jenis-jenis kecapi :

  1. Kecapi Tembang, ada juga sebutan lain seperti Kecapi Indung, Kecapi Perahu. dinamakan demikian mungkin disebabkan oleh bentuknya yang seperti perahu. kecapi ini memiliki ciri khas bunyi yang sangat lembut.
  2. Kecapi Rincik, Kecapi ini biasanya bersamaan dengan penggunaan Kecapi Tembang sunda. Yang membedakan kecapi ini adalah bentuknya yang lebih kecil dari Kecapi Tembang dan berfungsi untuk membuat melodi lagu menjadi lebih berisi.
  3. Kecapi Siter, Kecapi ini lebih dikenal dengan sebutan Kecapi Kawih. Dikarenakan kecapi jenis ini biasanya digunakan untuk mengiringi lagu-lagu bertema kawih (bebas). Kecapi ini juga lebih populer di masyarakat dikarenakan bentuk yang lebih sederhana dan harga yang relatif lebih terjangkau dibanding kecapi lain.

Kecapi itu sendiri dalam bahasa sunda berasal dari tanaman sentul yang diyakini sejak zaman dahulu kayunya merupakan bahan dari pembuatan kecapi. Dalam perkembangan zaman yang ada alat musik kecapi ternyata tidak hanya digunakan untuk mengiringi lagu-lagu sunda. Namun terkadang kecapi ditemui untuk mengiringi lagu-lagu pop, dangdut, jazz dan lainnya.

Cara Membuat Alat Musik Kecapi

Untuk bahan bakunya, kecapi menggunakan kayu .Kayu yang akan dipakai untuk diolah menjad kecapi harus direndam dan membutuhkan waktu yang cukup lama, kurang lebih butuh waktu sekitar 3 bulan. Perendaman ini dibutuhkan agar tekstur dan struktur kayu yang terjamin.

Setelah direndam kemudian kayu dikeringkan dengan cara dijemur dibawah sinar matahari, setelah itu pengrajin memahat kayu sesuai bentuk kecapi yang ingin dibuat hingga sesuai dengan kecapi yang diinginkan.

Untuk Kecapi Perahu, kayu dapat dipahat dan dibentuk menyerupai perahu. Kemudian kecapi dipasangi senar yang biasanya terbuat dari baja.

Untuk Kecapi Siter,  proses pembuatannya jauh lebih mudah dikarenakan bentuk kecapi siter yang lebih sederhana.

Senarnya pun jika ingin menciptakan suara yang indah harus terbuat dari kawat Suasa. Kawat Suasa terbuat dari bahan logam, campuran emas, dan tembaga seperti kecapi yang dulu atau model dulu.

 

Demikian merupakan penjelasan saya tentang cara memainkan Alat usik Kecapi semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Semoga dengan post ini dapat menjelaskan tentang cara nemainkan alat musik Kecapi .

Leave a Comment

loading...