Cara Memainkan Alat Musik Gitar

Alat musik gitar merupakan alat musik yang terbuat dari kayu dan cara memainkan alat musik gitar dipetik atau digesek.

Alat musik ini dapat digunakan untuk memainkan berbagai jenis musik mulai dari death metal hingga jenis musik klasik, Jadi di artikel ini kita akan membahas tentang  Pengertian alat musik gitar, Contoh alat musik gitar, dan cara memainkan alat musik gitar.

Alat Musik Gitar

cara memainkan alat musik gitar

 

Gitar merupakan alat musik berdawai yang cara memainkannya dipetik, umumumnya menggunakan jari-jari maupun menggunakan alat plektrum (pik). Banyak pilihan ketika ingin mempelajari alat musik ini dikarenakan gitar mempunyai bentuk yang bermacam-macam, namun biasanya gitar akustik lebih diminati untuk berlatih memainkan gitar.

Didalam artikel ini kita akan menjelaskan beberapa jenis gitar yang diketahui secara umum hingga cara memainkannya.

1. Gitar Klasik

Gitar Klasik ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan. Gitar ini terdiri dari body yang terbuat dari kayu dan memiliki rongga dengan soundhole, dan neck dengan ujungnya merupakan mesin tuning/headstock. Gitar Klasik menggunakan senar yang terbuat dari nylon string, yang berfungsi agar membuat pengguna gitar ini mudah untuk memainkannya dengan cara dipetik maupun digesek. Gitar Klasik biasanya memiliki jumlah kolom fret sebanyak 12 kolom.

Gitar ini biasanya dimainkan sebagai Rhythm (digesek). Gitar ini juga sering digunakan dalam musik klasik dan jenis musik populer lainnya.

2. Gitar Akustik

Gitar Akustik ini sangat mirip dengan Gitar Klasik. Tidak jarang juga banyak yang menyebutkan bahwa kedua jenis gitar ini adalah Gitar Klasik, dikarenakan keduanya dapat menghasilkan suara tanpa menggunakan amplifier. Kebalikan dari Gitar Klasik, Gitar Akustik ini menggunakan senar yang terbuat dari baja. Bentuk Neck gitar ini lebih kecil dan ada beberapa jenis yang menggunakan sound system elektronik (Spull). Jumlah kolom fret pada gitar ini biasanya berjumlah hingga 15 fret.

Gitar Akustik biasanya sering digunakan sebagai pengiring lagu yang beraliran pop baik itu nada melody maupun rhythm.

loading...

3. Gitar Elektrik

Gitar Elektrik (Electric Gutiar), Gitar ini merupakan instrumen listrik yang berarti hanya dapat dimainkan jika menggunakan amplifier. Berbeda dengan Gitar Akustik, Gitar Elektrik tidak memiliki rongga soundhole. Gitar listrik yang menggunakan senar baja ini getaran yang diterima oleh pick-up akan langsung diteruskan ke amplifier. Banyaknya fret yang berada pada gitar ini berjumlah hingga 24 fret.

 

Tips Cara Memainkan Alat Musik Gitar

Dengan bermain gitar, tentunya akan melibatkan perasaan dan jiwa. Oleh karena itu jika ingin belajar gitar dengan mudah dan cepat sebelumnya kita harus dapat menjiwai pada saat memainkannya.

Berikut merupakan beberapa tips jitu cara memainkan alat musik gitar:

1. Carilah Instruksi Di Internet

Guru merupakan peran paling penting dalam mempelajari sesuatu, namun jika belum bisa menemukan guru yang pas tentunya anda lebih ingin belajar sendiri. Internet merupakan sumber ilmu, segalanya dapat ditemukan didalamnya tidak terkecuali cara bermain gitar. Pilihlah panduan yang paling mudah anda pahami, atau tontonlah video mengenai cara bermain gitar yang benar. Disamping itu anda harus disiplin dengan waktu belajar anda bermain gitar agar mendapatkan ilmu yang baik sepenuhnya.

2. Cari Idola Anda

Idolakan sesorang, hal ini bertujuan agar muncul motivasi besar dalam diri anda agar lebih tekun dalam mempelajari sesuatu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menonton video idola anda ataupun menonton secara langsung saat idola anda sedang bermain.

3. Ketahui Bagian-Bagian Pada Gitar

Hal ini merupakan kewajiban bagi para gitaris. Bayangkan saja jika anda sudah mahir memainkan gitar namun jika ada orang awam bertanya bagian pada gitar tetapi anda tidak dapat menjelaskannya? pastinya akan malu. Oleh karena itu kita wajib melatih dan mempelajari komponen-komponen yang berada pada gitar.

4. Terus Berlatih

Teori saja tentunya tidak akan membuat anda mahir dalam bermain gitar. Oleh karena itu diharuskan giat berlatih agar tangan terbiasa untuk menekan senar sesuai dengan kunci dasar pada gitar.

Selain melatih memori otot tangan juga dapat membuat anda lebih mahir dalam bermain gitar. Gunakanlah waktu luang untuk berlatih gitar agar senantiasa anda dapat mahir lebih cepat.

Semua tergantung pada niat dan semangat yang anda punya, setidaknya dalam waktu kurang lebih 1 bulan jika anda terus belajar dengan tekun pastinya anda mulai dapat membawakan beberapa lagu untuk dimainkan.

Demikian artikel yang menjelaskan tentang pengertian alat musik gitar, contoh alat musik gitar, dan cara memainkan alat musik gitar. Semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca.

Leave a Comment

loading...