Cara Memainkan Alat Musik Flute

Cara memainkan alat musik flute yaitu dengan ditiup dan biasanya dibuat dari bahan dasar logam maupun kayu. Banyak orang yang mengira bahwa alat musik sejenis suling kuno dan tidak menarik, memainkan alat musik flute juga ternyata tidak mudah karena membutuhkan waktu latihan yang menyita waktu lama, apalagi bagi pemula seperti kita.

Penggunaan alat musik tradisional untuk mengiringi musik modern mungkin belum terlalu dikenal anak muda, tapi ternyata ketenarannya berhasil menorehkan prestasi dan juga mengharumkan nama alat musik sekaligus daerah asalnya.

 

Alat Musik Flute

cara memainkan alat musik flute

Alat musik ini juga memiliki suara khas yang lembut dan variatif tergangung dari penggunanya. Meksipun kalian membeli flute yang harganya mahal sekalipun, jika kalian tidak bisa memainkannya ya percuma, karena suara yang indah dihasilkan dari permainan yang indah.

Alat musik flute ini memiliki sebuah karakter yang sangat lembut dan mempunya timber suara yang berjenis variatif tergantung dari keterampilan peniupnya, karena keindahan dari suaranya inilah maka tidak heran jika banyak sekali orang jatuh hati setelah mendengarkan jenis alat musik ini dimainkan.

 

Cara Memainkan Alat Musik Flute

Alat musik flute merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup yang termasuk dalam keluarga bernama woodwind, alat musik ini ada yang terbuat dari bahan logam dan ada juga yang terbuat dari bahan kayu.

Tentu tidak puas jika Anda hanya mengetahui dari pengertian dari alat musik flute, di artikel ini kita akan membahas Cara memainkan alat musik flute.

Bermain alat musik flute ini dibutuhkan ketekunan dan kesabaran yang tinggi. Selain itu juga dibutuhkan seorang pelatih yang sudah mempunyai pengalaman tentang dibidang flute, berikut cara memainkan flute:

  • Mempelajari alat musik flute akan menghabiskan banyak waktu, Anda bisa melihat di internet atau berguru dengan guru yang sudah mahir dibidang flute.
  • Banyak pengetahuan dasar dan teknik yang tidka bisa diperoleh jika Anda belajar sendiri.
  • Kita tidak dapat mengukur kemampuan kita sendiri hanya dengan orang yang mahir dibidang flute yang mampu menilai keahlian kita.
  • Mulai lah meniup flute dibagian lobang dekat ujung flute
  • Dan tepatkan jari-jari di lubang angina dengan benar
  • Mainkan kunci agar udara yang dikeluarkan melalu lubang menghasilkan nada yang halus.

Dari masing-masing jenis tiupan dapat kita gunakan untuk berlatih meniup dar jenis alat musik flute sesuai dengan kemauan kita. sumber bunyi dan cara memainkan alat musik flute agar menghasilkan nada-nada yang rendah kita lebih baik menggunakan jenis tiupan yang disebut “dhut~” dan “hu~

 

Mengenal Alat Musik Tradisional Flute

Hal inilah yang kemudian mendorong kebanyakan untuk mendalami lebih jauh tentang alat musik flute dan ingin membeli dengan harapan bias mempelajari flute seindah Flutist (pemain flute). Akan tetapi ternyata setelah Anda mempunyai alat musik flute tersebut tidak bias berbunyi yang Anda harapkan ?

Flute merupakan salah satu jenis alat musik yang bias menghasilkan suara yang sangat indah. Pencapaiannya tidak bias didapat secara instant (langsung) sebagaimana dengan jenis alat musik lainnya, selain itu apa bila tidak benar dengan cara meniupnya flute tidak akan menghasilkan suara.

 

Tips Berlatih

Berbeda dengan jenis alat musik piano, gitar dan electone, yang apabila dipetik atau dimainkan akan langsung menghasilkan suara pada saat yang sama. Berikut beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk terus berlatih memainkan flute

  • Tarik nafas Anda sepanjang mungkin lalu tahan nafas anda selama 4 detik lalu hembuskan secara mendesis lalu ulangi hingga menghasilkan desisan yang panjang.
  • Tarik nafas Anda sebanyak mungkin lalu tahan sejenak dan latnas tiupkan pada sebuh lilin yang hidup, akan tetapi api lilin yang Anda tiup jangan sampai mati apinya.
  • Ulangi latihan tiup tersebut sampai tiupan Anda benar-benar panjang.

 

Nah, setelah memahami kekurangan dan asiknya memainkan alat musik flute apakah kalian tertarik untuk mencoba? semoga jika kalian seorang pemain musik tidak menyerah hanya karena sulit berlatih ya

Leave a Comment