Cara Memainkan Alat Musik Aramba

Cara memainkan alat musik aramba adalah dengan cara dipukul menggunakan alat pukul dan dibantu tangan, bagian yang dipukul berbentuk tonjolan bundar yang berbunyi nyaring apabila dipukul. Cara memainkan aramba seperti memukul gong yang sedang ditidurkan posisinya.

 

Alat Musik Aramba

cara memainkan alat musik aramba

Aramba merupakan salah satu alat musik yang berasal dari Sumatera Utara yang merupakan alat musik tradisional Suku Nias dan terbuat dari tembaga, kuningan, suasa dan nikel. Bentuk fisik dari alat musik ini yaitu polos di semua sudut maupun permukaan bidang.

Pada bidang yang digunakan untuk memukul mendominasi berbentuk fisiknya, Sebagiannya di perlengkap oleh bidangan yang terbentuk sebuah cembung kecil. Bagian ini adalah bagian yang akan di pukul oleh pemain.

Alat musik ini merupakan alat musik solo dimana alat musik ini dimainkan oleh satu orang pemain saja. Selain aramba ada juga beberapa alat musik tradisional dari Suku Nias yang lain seperti gondra, fondrahi, doli-doli, lagia dan juga rici-rici.

 

loading...

Cara Memainkan Alat Musik Aramba

Cara memainkan alat musik aramba yaitu dengan cara dipukul menggunakan bagian tangan. Bagian yang dipukul yaitu daerah bagian yang berbentuk bundar, yang berbentuk bulat seperti menonjol di bagian tengahnya. Posisi aramba saat dimainkan biasanya di gantungkan dengan seutas tali pada sebuah palang yang berbentuk horizontal.

Jika diamati sekilas, alat musik jenis aramba ini memiliki dua bagian yaitu:

  • Bagian pertamanya adalah bidang yang berbentuk memanjang.
  • Bagian bidang keduannya adalah bidang yang dipukul.

Secara umum, jenis alat musik aramba ini masuk ke dalam kategori alat musik yang di pukul. Namun bidang panjang dari alat musik aramba ini dibuat menjadi pendek, biasanya memiliki bentuk yang polos dan ada juga yang bergelombang. Pada Aramba terdapat lebih dari satu beberapa bidang cembung, pada bagian bidang cembung yang terkecil menjadi bagian yang dipukul menggunakan alat khusus.

 

Bentuk Alat Musik Aramba

Alat musik aramba yang sering digunakan oleh masyarakat Nias dalam persiapan upacara perkawinan sebanyak satu buah yang biasa di sebut juga dengan sebutan Aramba Fatao yang berukuran garis tengahnya mencapai 40-50 cm.

Namun ada juga Aramba yang digunakan oleh para bangsawan untuk acara-acara khusus yaitu Aramba Fatao dan Aramba Hongo yang ukuran pada diameternya lebih dari 60-90 cm, Bentuk Aramba yang hampir sama seperti gong pada alat musik Aramba terdapat benjolan bulat kecil pada bagian tengahnnya.

 

Fungsi Alat Musik Aramba

Fungsi dari jenis alat musik aramba yang berperan sebagai pengiring pola irama. Alat musik ini juga biasa di mainkan pada acara-acara adat masyarakat seperti pernikahan dan acara musik lainnya. Namun memang ada beberapa alat musik Aramba yang dibuat khusus untuk acara penting pada yang biasanya diadakan oleh para bangsawan.

Aramba ini memiliki fungsi yang khusus bagi masyarakat masa prasejarah hingga sampai kini. Karena Aramba dipercaya merupakan barang keramat, oleh karena itu diperlukan ke istimewaan.

Demikian merupakan penejelasan tentang apa itu Aramba dan bagaimana cara memainkan alat musik Aramba. semoga berguna dan bermanfaat bagi teman-teman pembaca

Leave a Comment

loading...