Alat Musik Sampe

Alat Musik Sampe – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai alat musik Sampe beserta pengertian, fungsi, cara memainkan, dan cara pembuatannya, berikut penjelasannya.

 

Pengertian Alat Musik Sampe

alat musik sampe

Sampe merupakan salah satu instrumen tradisional suku Dayak, alat musik sampe berasal dari Kalimantan. Alat musik sampe digunakan untuk mengiringi berbagai acara adat seperti tarian adat dan kesenian adat lainnya. Hampir semua sub suku Dayak di Kalimantan menggunakan instrumen ini sebagai pelengkap acara adat mereka, tetapi setiap sub suku Dayak memiliki penamaan yang berbeda-beda seperti Sape’, Sampe’, Sempe, dan Kecapai.

Dalam bahasa Dayak, sampe artinya adalah “memetik dengan jari”. Sama seperti namanya, alat musik sampe dimainkan dengan cara dipetik, bentuk dari instrumen ini sama seperti gitar, hanya saja memiliki gagang yang pendek, selain itu senar yang digunakan biasanya hanya menggunakan 3 hingga 4 senar, awalnya instrumen ini hanya menggunakan senar dari serat karbon pohon enau, tetapi seiring dengan perkembangannya, senar yang digunakan sekarang yaitu kawat kecil, salah satu keunikan pada instrumen ini yaitu bagian ujung sampe yang dihiasi dengan ukiran  kepala burung Enggang yang merupakan ciri khas suku Dayak.

Filosofi “burung Enggang” tersebut merupakan filosofi suku dayak yang mengagumi burung Enggang, dengan membuat bentuk instrumen ini menyerupai burung Enggang sehingga siapa yang memainkan instrumen ini dan siapa yang menari ketika mendengar alunan suara instrumen ini akan merasa bahwa roh-roh sudah memasuki tubuhnaya, sehingga biasanya dapat menyebabkan orang tersebut lupa diri lalu memberontak, sampe merupakan tanda bagi suku Dayak yang melambangkan “keberanian dan kekuatan”.

 

Fungsi Alat Musik Sampe

Instrumen ini memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Sebagai alat Penghibur Diri.
  • Sebagai pengiring Tari Tradisional.
  • Sebagai pengiring Sajian Musik.
  • Sebagai tanda syukur ketika hasil panen melimpah ruah.
  • Dalam beberapa sajian musik, sampe dimainkan untuk mengisi nada-nada melodis dari sebuah lagu.
  • Sebagai pengiring Upacara Adat.

Terdapat aturan tertulis bahwa jika instrumen ini dimainkan pada siang hari maka nada yang dihasilkan yaitu nada riang gembira penuh keceriaan, sedangkan jika dimainkan pada malam hari maka nadi yang dimainkan menghasilkan irama syahdu, sedih serta sendu.

Dalam keseharian, instrumen ini juga dimainkan ketika keluarga besar berkumpul, generasi muda suku Dayak juga menggunakan instrumen ini untuk menunjukan perasaan dan menggoda wanita yang mereka taksir, instrumen sampe ini juga merupakan instrumen paling ampuh untuk menghibur disaat ada salah satu anggota keluarga yang sedang bersedih atau berduka atas suatu hal.

Ketika sampe dimainkan pada saat upacara adat maka suasana akan berubah menjadi lebih sakral dimana seluruh orang yang mengikuti upacara tersebut akan diam menghayati tiap nada yang dihasilkan oleh instrumen ini.

 

Cara Memainkan Alat Musik Sampe

Sama seperti gitar atau instrumen petik lainnya, sampe dimainkan dengan cara dipetik, masing-masing jari pada kedua tangan memetik dawai-dawai sampe agar menghasilkan nada, bunyi dawai yang dihasilkan merupakan nada dasar, untuk memainkan sampe ini berbeda dengan gitar yang menggunakan kunci nada untuk menghasilkan suara yang indah, pada instrumen ini setiap senar memiliki satu nada yang berbeda dengan senar lainnya, sehingga perlu menyelaraskan senar dengan nada yang ingin dimainkan.

Instrumen ini dimainkan dengan kedua tangan sama seperti kecapi pada umumnya, diperlukan ketenangan dan ketelatenan untuk menghasilkan nada yang syahdu tanpa cacat nada, cacat nada yaitu kondisi ketika jari-jari tidak sengaja memetik dawai yang tidak diinginkan, keluwesan serta kelincahan jari-jari menjadi faktor penting dalam memiankan instrumen ini, semakin lincah jari-jari bergerak maka semakin halus perpindahan dawai yang tentunya juga mempengaruhi kualitas nada yang dihasilkan.

 

Cara Pembuatan Alat Musik Sampe

Bahan

Sampe terbuat dari bahan kayu pilihan, kayu yang dinilai memiliki kualitas yang baik sebagai bahan pembuatan instrumen ini merupakan jenis-jenis kayu yang sebangsa dengan kayu meranti seperti:

  • Kayu Pelantan
  • Kayu Adau
  • Kayu Marang
  • Kayu Tabalok, dan sejenisnya.

Jenis-jenis kayu tersebut dipilih karena tidak mudah pecah, kuat, tahan lama, dan tidak mudah dirusak atau dimakan binatang rayap. Semakin keras dan banyak urat daging kayunya maka akan menghasilkan suara yang semakin baik. Untuk senar sampe, pada awalnya masih menggunakan tali yang berasal dari serat pohon enau atau aren, namun sekarang senarnya sering dibuat dari bahan kawat tipis, sehingga bunyinya pun akan terdengar lebih nyaring.

 

Tahap Pembuatan

Untuk tahap pembuatannya adalah seperti urutan berikut.

  1. Pertama, batang pohon diratakan dengan menggunakan kapak, kemudian dijemur sampai kering.
  2. Setelah kayu benar-benar kering, balok kayu tersebut dilubangi secara memanjang, tetapi tidak sampai tembus ke permukaan.
  3. Jika proses melubangi kayu telah selesai, tahap selanjutnya yaitu mengukir lagi sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
  4. Kemudian, dibuat bahu atau gagang sampe kira-kira sebesar kepalan tangan.
  5. Di bagian ujungnya dibuat lubang sebagai tempat pemutarnya sesuai dengan jumlah senar.
  6. Di setiap lubang putaran tersebut ditusuk dengan ujung pisau untuk membuat tempat memasukkan senar agar dapat dililitkan pada putarannya.
  7. Sampai sini, sebenarnya tahap pembuatan sampe telah selesai, tetapi biasanya dilanjutkan dengan menambahkan ukuran dengan ornamen khas Dayak, yakni dengan corak Burung Enggang dan taring-taring hewan buruan, ornamen tersebut juga merupakan lambang keagungan dan kebesaran orang-orang Dayak.
  8. Selanjutnya memasang senar dimana sebagai alat untuk menyelaraskan nada menggunakan belahan rotan yang dipotong-potong, belahan rotan tersebut dikeratkan dengan kelutut, sesuai dengan nada yang diinginkan.

Demikianlah tahap pembuatan sampe hingga selesai, pada umumnya bentuk sampe menyerupai perahu dan memiliki bagian-bagian tertentu.

 

Sampai sini sudahkah kalian memahami tentang alat musik Sampe? Demikianlah penjelasan mengenai alat musik Sampe beserta pengertian, fungsi, cara memainkan, dan cara pembuatannya, semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

Leave a Comment