Alat Musik Marakas

Alat Musik Marakas – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai alat musik Marakas beserta pengertian, sejarah, cara memainkan, dan cara membuatnya, berikut penjelasannya.

 

Pengertian Alat Musik Marakas

alat musik marakas

Marakas merupakan instrumen musik yang berbentuk kecil dan pas dengan pegangan tangan siapapun yang terbuat dari kayu atau labu berongga dan berisi suara dari beras atau biji yang digoyangkan, tetapi di Indonesia sendiri instrumen ini dapat dibentuk hanya dengan botol bekas dan diisi dengan beras atau pasir, dalam bahasa asing instrumen ini disebut dengan Maracas, Maracax’a, Maraca’, Mbarak’a, dan instrumen ini juga dikategorikan sebagai instrumen perkusi.

Hampir di seluruh Amerika Selatan, Afrika, dan Karibia instrumen ini dimainkan secara tunggal dan digunakan sebagai media penyembuhan dalam proses ritual, instrumen ini juga merupakan bagian penting dari musik Salsa, Cuba, Rumba, Charanga, dan Trova Ensemble. Instrumen ini banyak ditemui di seluruh dunia, biasanya instrumen ini juga digunakan dalam Orkestra karena pengaruh dari berbagai musik latin.

Alat musik marakas dimainkan dengan cara digoyangkan sama seperti Tamborin, cara memainkannya dapat dibilang mudah karena hanya perlu digoyangkan. Jika dilihat dari jenisnya, instrumen ini mirip serperti Kongo, keduanya sama-sama instrumen yang tidak memiliki nada, kecuali Kongo tersebut sudah dimodifikasi sehingga dapat menghasilkan suara yang melodis atau bernada. Kongo dan alat musik ritmis marakas ini biasanya juga digunakan sebagai backsound atau lagu pengiring.

Alat musik marakas berasal dari Amerika Selatan, instrumen ini terbuat dari labu berongga yang dijahit dan berisi biji-bijian atau dari kayu yang berisikan manik-manik, ini juga dapat dibuat menggunakan kayu, kelapa, jerami, dan plastik yang berisi biji atau tumbuh-tumbuhan atau bahan yang dapat menghasilkan bunyi jika bertembung dengan labu kering atau kulit luarnya, instrumen ini memiliki ukuran panjang sekitar 25 cm dan memiliki berat kurang lebih 20 gram. Di setiap instrumen ini terdapat datu batang atau tongkat kayu yang berbentuk silinder, dan berfungsi sebagai tempat pemegang apabila marakas tersebut dimainkan.

 

Sejarah Alat Musik Marakas

Orang-orang yang pada zaman dahulu tinggal di Benua Afrika dan Amerika Selatan menggunakan instrumen ini secara tunggal dan memiliki tujuan sebagai alat penyembuhan dalam berbagai macam ritual daerah. Tetapi, ternyata marakas berperan menjadi bagian penting dalam sejumlah group musik Amerika Latin seperti Charanga, Cuba Rumba, Trova Ensemble, orkes dan band besar pun juga seringkali menggunakan instrumen ini.

Hingga sekarang instrumen ini dapat ditemukan di beberapa negara, bahkan keberadaan isntrumen ini memiliki peran penting dalam musik-musik tertentu, instrumen ini memiliki pegangan atau biasa disebut kayu silinder yang berfungsi agar marakas mudah digenggam pada saat instrumen ini dimainkan.

loading...

Instrumen ini memiliki ukuran yang bervariasi, ada yang berbentuk seperti sebuah apel besar, telur kecil, dan ada juga yang berbentuk lonjong. Dalam musik latin seperti misalnya Salsa, marakas yang digunakan biasanya berukuran besar maupun sedang, dan biasanya digunakan untuk mengiringi acara seperti karnaval terbuka.

 

Cara Memainkan Alat Musik Marakas

Adapun cara memainkan instrumen ini adalah sebagai berikut.

  • Pegang Marakas Dengan Benar

Sangat mudah untuk menggenggamnya karena dari bentuk fisiknya yang memiliki ruang untuk mengisi biji-bijian.

  • Goyangkan Marakas

Instrumen ini biasanya berbentuk seperti botol tabung yang kemudian diisi dengan benda kecil yang keras, dan juga dapat memuat banyak agar dapat menghasilkan bunyi karena memang instrumen ini dimainkan dengan cara digoyang.

  • Mainkan Di Lingkungan Yang Mendukung

Mainkanlah instrumen ini di lingkungan yang memungkinkan tidak akan mengganggu orang karena suara instrumen ini yang terdengar berisik dan mengganggu.

 

Cara Membuat Alat Musik Marakas

Untuk membuat instrumen ini yang pertama perlu menyiapkan bahannya yakni:

  • Gelas Plastik atau Botol Plastik
  • Beras atau Biji-Bijian
  • Plester

Kemudian langkah selanjutnya adalah:

Beras atau biji-bijian yang sudah disiapkan tadi dimasukan kedalam botol atau gelas plastik, kemudian plester lah bagian lubang gelas plastik yang terbuka, atau jika menggunakan botol plastik tutuplah botol tersebut menggunakan tutupnya. Akan lebih mudah jika menggunakan botol plastik, tetapi jika hanya ada gelas plastik tidak ada masalah untuk digunakan, pastikan gelas tertutup plester dengan benar agar beras atau biji-bijian tidak berhamburan keluar.

 

Sampai sini sudahkah kalian memahami tentang alat musik Marakas? Demikianlah penjelasan mengenai alat musik Marakas beserta pengertia, sejarah, cara memainkan, dan cara membuatnya, semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

Leave a Comment

loading...