Alat Musik Idiophone

Alat Musik Idiophone – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai alat musik Idiophone beserta pengertian, dan contoh alat musiknya, berikut penjelasannya.

 

Pengertian Alat Musik Idiophone

alat musik idiophone

Alat musik yang berjenis Idiophone merupakan instrumen yang sumber suaranya adalah dari getaran tubuh instrumen itu sendiri. Jenis instrumen ini memiliki perbedaan yang unik dibandingkan dengan jenis instrumen lainnya karena idiophone memiliki sumber suara yang berasal dari badan instrumen sendiri. Biasanya, alat musik yang berjenis idiophone dimainkan dengan cara dipukul, digoyangkan, ditepuk-tepuk, dan sebagainya, bunyi yang dihasilkan juga sangat bervariasi, tergantung dari jenis dan bahannya.

 

Contoh Alat Musik Idiophone

Terdapat 2 jenis alat musik idiophone yaitu:

  • Alat Musik Idiophone Tradisional
  • Alat Musik Idiophone Modern

Adapun alat musik yang berjenis idiophone seperti diatas adalah sebagai berikut.

Contoh Alat Musik Idiophone Tradisional

  • Angklung

Secara tradisional, angklung berkembang pesat di kalangan masyarakat di Pulau Jawa Barat dan dengan mudah menyebar ke seluruh Indonesia. Angklung terbuat dari bambu yang ukurannya berbeda-beda dengan tujuan untuk membedakan bentuk suara yang dihasilkan pada saat angklung ini dimainkan.

Cara memainkan alat musik angklung adalah dengan cara menggoyangkan badan angklung, hal tersebut akan membuat bambu yang berbentuk pipa ini akan berbenturan dengan badan angklung, dan akan menghasilkan suara yang beragam. Dengan nada 2, 3 hingga 4 nada dalam setiap ukuran bambu yang berbeda besar kecilnya.

 

  • Kolintang

Kolintang merupakan jenis idiophone tradisional, instrumen ini tercatat sudah tersebar berabad-abad yang lalu di wilayah Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri, kolintang berkembang epsat dan sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Minahasa, instrumen ini pun digunakan dalam berbagai acara pagelaran seni budaya hingga upacara adat.

Cara memainkan alat musik kolintang yaitu dengan cara dipukul menggunakan tongkat pemukulnya, pukulan tersebut akan menghasilkan bunyi bernada dari bilah-bilah kayu yang disusun dengan urutan tertentu.

 

  • Bonang

Bonang merupakan instrumen tradisional idiophone, bonang pada umumnya terbuat dari bahan logam kuningan, bentuknya mirip dengan gong kecil. Cara memainkan bonang adalah dengan cara dipukul pada sisi bagian luarnya dengan menggunakan tongkat pemukul, bonang juga merupakan salah satu alat musik dari keluarga Gamelan.

 

  • Saron

Saron merupakan instrumen berjenis idiophone yang umumnya terbuat dari bahan logam, saron dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat pemukul yang bentuknya menyerupai palu. Bagian saron yang dipukul yaitu bilah-bilah logam yang telah disusun sesuai dengan urutan tangga nada tertentu, teknik dasar memainkan instrumen ini adalah dengan memathet, yaitu menghilangkan suara dengungan bilah logam saron dengan cara menyentuh bilah tersebut setelah dipukul.

 

  • Marakas

Marakan merupakan instrumen tradisional idiophone yang dimainkan dengan cara digoyangkan sesuai irama yang dimainkan. Instrumen ini berkembang pesat di Amerika Latin, jika dibuat dengan cara tradisional maka sebagian besar marakas dibuat dari labu dengan diisi oleh biji-bijian pada bagian dalamnya.

 

  • Gong

Gong juga merupakan instrumen tradisional idiophone yang dapat ditemukan di hampir seluruh wilayah Asia terutama Asia Tenggara. Gong umumnya terbuat dari bahan perunggu, gong dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat penabuh yang pada bagian ujungnya dilapisi kain atau karet. Instrumen gong menghasilkan suara dari getaran badannya ketika di tabuh, karena itu instrumen ini termasuk dalam kategori instrumen berjenis idiophone.

 

Contoh Alat Musik Idiophone Modern

  • Triangle

Alat musik triangle terbuat dari logam, tetapi ada juga yang terbuat dari sejenisnya seperti baja dan tembaga, instrumen ini dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan logam panjang berbentuk seperti tongkat sihir. Triangle merupakan instrumen berjenis idiophone karena cara memainkannya dengan cara dipukul dan kemudian menghasilkan suara dari badan triangle itu sendiri.

Sesuai dengan namanya, bentuknya memiliki bentuk yang menyerupai segitiga dan diberi lubang pada salah satu sudut sebagai tempat mengikat tali sebagai pengaman. Biasanya, tali terbuat dari nilon atau kawat.

 

  • Cowbell

Diberi nama cowbell karena pada awalnya benda ini hanya sebagai sebuah penanda hewan ternak yang diikat di leher sapi supaya para penggembala sapi dapat mudah menemukan sapinya kembali, cowbell juga dikenal dengan sebutan lonceng sapi.

Seiring berjalannya waktu, kemudian benda ini digunakan sebagai alat musik, jenis musik yang sering memasukan unsur cowbell adalah musik salsa. Cowbell dimainkan dengan cara memukul sisi luar cowbell menggunakan tongkat kayu.

 

  • Metal Cabasa

Instrumen ini terbuat dari bahan kayu dan juga manik-manik, metal cabasa dimainkan dengan cara digoyangkan dan diputar-putar, gesekan manik-manik akan menghasilkan suara tertentu.

 

  • Wood Block

Wood block merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara memukul sisi bagian luarnya menggunakan tongkat pemukul, instrumen ini terbuat dari bahan kayu. Bunyi yang dihasilkan oleh alat musik wood block bersuara sangat khas.

 

  • Guiro

Guiro merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pukul yang berbentuk stik, instrumen ini berbentuk lonjong. Benturan akibat pukulan stiknya akan menghasilkan getaran yang kemudian menjadi bunyi.

 

  • Claves

Instrumen idiophone ini terbuat dari bahan kayu yang dimainkan dengan cara membentur-benturkannya dengan claves yang berukuran lebih kecil. Ketika claves saling berbenturan, maka getaran akibat benturan akan menghasilkan bunyi.

 

  • Tamborin

Tamborin merupakan alat musik yang cara memainkannya adalah dengan cara digoyangkan, goyangan pada tamborin akan membuat piringan-piringan kecil yang ada di sisi tamborin berbenturan dan menghasilkan bunyi. Alat musik ini juga biasa digunakan dalam Qasidah.

 

Sampai sini sudahkah kalian memahami tentang alat musik Idiophone? Demikianlah penjelasan mengenai alat musik Idiophone beserta pengertian, dan contoh alat musiknya, semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

Leave a Comment