Alat Musik Ganda

Alat Musik Ganda – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai alat musik Ganda beserta pengertian, cara memainkan, dan asalnya, berikut penjelasannya.

 

Pengertian Ganda

alat musik ganda

Alat musik ganda merupakan gendang kecil yang dimainkan dengan cara dipukul dan biasa dikenal dengan gendang yang memiliki dua buah kulit menutupi kedua sisinya. Umumnya instrumen tradisional ini terbuat dari bahan kayu dan kulit sapi sebagai membrannya, cara memainkannya adalah dengan ditepuk dengan tangan dan akan menghasilkan nada ritmis. Biasanya instrumen ini dimainkan bersama dengan iringan instrumen tradisional lainnya.

Instrumen musik tradisional ini merupakan jenis instrumen pukul seperti gendang, tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ramping dibandingkan dengan gendang Jawa. Instrumen ini juga memiliki bunyi yang hampir mirip dengan gendang kecil yang berasal dari provinsi lainnya, tidaklah sulit untuk memainkan instrumen ini, cukup dengan memukul bagian kulit di ujung kayunya saja. Alat musik ganda berasal dari Gorontalo di Sulawesi Tengah, tetapi juga terdapat di daerah lain. Instrumen ini mempunyai tipe nada membranofon.

Instrumen musik tradisional ini tidak berarti ganda seperti namanya. Sebenarnya, dilihat sekilas tidak akan terlihat berbeda dari drum, tetapi satu-satunya perbedaan adalah bahwa hanya ada satu bagian yang akan dipukul saat sedang dimainkan. Jika digunakan dalam acara yang cukup besar, biasanya ganda akan ada beberapa variasi yang dimainkan sehingga akan memberikan efek dan kesan suara yang lebih banyak.

Untuk dapat menghasilkan berbagai suara, beberapa keping ganda akan ditempatkan sesuai dengan ukurannya, sehingga menabuhnya menjadi lebih mudah dan suara akan terdengar lebih merdu.

 

Demikianlah penjelasan mengenai instrumen tradisional Ganda ini beserta pengertian, cara memainkan, dan asalnya semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

Leave a Comment