Alat Musik Ceng Ceng

Alat Musik Ceng Ceng – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas alat musik Ceng Ceng beserta pengertian, fungsi, cara memainkan, fungsi, dan bentuknya, berikut penjelasannya.

 

Pengertian Alat Musik Ceng Ceng

alat musik ceng ceng

Alat Musik Ceng Ceng merupakan alat musik yang berbentuk seperti 2 keping simbal berukuran kecil yang ditidurkan, diberi nama ceng ceng karena suaranya yang terdengar seperti “ceng-ceng-ceng” yang juga merupakan ciri khas dari alat musik ini. Alat musik ceng ceng berasal dari daerah Bali, sehingga dapat banyak ditemukan di Pulau Dewata tersebut.

Alat musik ceng ceng terbuat dari logam atau tembaga yang berkualitas tinggi dan dikenal karena fungsinya yang memberikan kiasan-kiasan serta meramaikan sebuah komposisi suatu instrumen musik, cara memainkannya adalah dengan membenturkan satu sama lainnya. Dalam perangkat gamelan Bali, ceng ceng merupakan bagian terpenting diantara alat gamelan lainnya.

Ceng ceng Bali dibuat berbentuk kura-kura yang pengukirannya terinspirasi dari tokoh legenda Bali yaitu kura-kura mistis, karena di Bali terdapat sebuah legenda tentang kura-kura mistis yang memiliki nilai magis, yaitu menyeimbangkan dunia di atas punggungnya. Kura-kura tersebut juga merupakan simbol sumbu bumi bersama naga yang menjadi dasar pura yang berkedudukan tinggi.

 

Fungsi Alat Musik Ceng Ceng

Sesuai yang sudah dikatakan pada pengertian diatas bahwa ceng ceng merupakan bagian terpenting dari gamelan Bali, tetapi selain itu mempunyai fungsi lain seperti digunakan untuk upacara keagamaan, dan juga alat musik ini berfungsi untuk digunakan bersama alat musik lainnya seperti dibawah ini.

  • Digunakan bersama dengan Gong Gede
  • Digunakan bersama Semar Pegulingan
  • Digunakan bersama Barungan Gamelan Gong Kebyar
  • Digunakan bersama Pelegongan
  • Digunakan bersama Barongan

Ceng ceng akan dapat didengarkan pada suatu pagelaran seperti Barong Batubulan Bali.

 

Cara Memainkan Alat Musik Ceng Ceng

Adapun cara memainkannya adalah sebagai berikut.

  • Pemain memegang kuda bagian atas dengan menggunakan kedua telapak tangannya.
  • Tembaga bagian atas ceng ceng dipukulkan ke bagian tembaga bundar bagian bawah, sehingga akan menghasilkan suara seperti “ceng-ceng-ceng”.
  • Ketika kedua logam sudah saling beradu, maka akan menghasilkan suara yang terdengar keras dan nyaring, suara tersebut juga merupakan suara khas simbal Bali.

Ceng-ceng juga memiliki model lain yaitu ceng-ceng Kopyak, ceng ceng tersebut juga dimainkan menggunakan kedua tangan kita. Walau kelihatannya mudah, tetapi juga terdapat teknik yang bisa digunakan dalam pertunjukannya, teknik ini juga turut meramaikan permainan ceng ceng yang membuat penampilan semakin meriah, tekniknya yaitu:

  • Cek Besik
  • Cek Lima

 

Bentuk Alat Musik Ceng Ceng

Pada umumnya, ceng ceng terbuat dari bahan kayu nangka dan juga dapat menggunakan bahan dari tembaga. Ceng ceng terdiri dari  6 buah logam bundar, logam ini terletak di bagian bawahnya, dan juga 2 buah logam yang terletak di bagian atasnya.

Di atas perunggunya, terdapat juga sehelai tali yang berguna untuk memegang ceng ceng. Umumnya tali tersebut berwarna merah dan dibuat dengan sebagus mungkin, tali tersebut juga dikenal dengan sebutan “Bunga Ceng Ceng”.

Jika dilihat sekilas, ceng ceng Bali memang terlihat seperti simbal dari cara memainkannya, suaranya yang nyaring, hingga bentuknya. Ceng ceng akan sangat menarik jika mendengarnya langsung, terlebih karena banyak tekniknya juga yang dipelajari.

 

Sampai sini sudahkah kalian memahami alat musik ini Ceng Ceng? Demikianlah penjelasan mengenai alat musik Ceng Ceng beserta pengertian, fungsi, cara memainkan, dan bentuknya, semoga bermanfaat.

(alatmusik.net)

Leave a Comment